Masjid Istiqlal Gelar Takbiran Nasional Sambut Hari Raya Idul Fitri

Minggu, 01 Mei 2022 | 19:21 WIB Sumber: Kompas.com
Masjid Istiqlal Gelar Takbiran Nasional Sambut Hari Raya Idul Fitri

ILUSTRASI. Masjid Istiqlal


LEBARAN - JAKARTA. Masjid Istiqlal bakal menyelenggarakan kegiatan malam takbiran nasional menyambut hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada Minggu (1/5/2022) malam.

Takbiran nasional kali ini berbeda dengan takbiran sebelumnya. Kali ini, Masjid Istiqlal mengajak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di berbagai negara.

“Mulai tahun ini Istiqlal akan melaksanakan suatu program baru namanya takbir nasional, menggandeng KBRI dan KJRI di luar negeri,” ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (1/5/2022).

Nasaruddin mengatakan, dalam kegiatan malam takbiran itu, Masjid Istiqlal bakal menampilkan takbiran versi Istiqlal.

Selain mengumandangkan takbir, takbiran tahun ini juga akan iisi dengan qari internasional atau orang yang melantunkan bacaan Al-Quran yang diiringi dengan irama tabuhan bedug.

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat, Idul Fitri 1443 H Jatuh pada Senin, 2 Mei 2022

“Artinya, kita kumpulkan qari-qari interasional yang sekaligus juga mungkin Istiqlal akan dominan melantunkan suara takbirnya. Jadi akan ada unsur hiburannya karena memang sangat bagus,” papar Nasaruddin.

“Juga akan ada kesemarakan lain, akan ada tapak bedug yang akan ditabuh setelah isya nanti oleh Menteri Agama atau yang mewakilkan,” ucapnya.

Nasaruddin menuturkan, gema takbiran di Masjid Istiqlal juga akan disiarkan secara langsung di berbagai kanal penyiaran Masjid Istiqlal hingga televisi nasional.

“Nanti akan dilihat oleh televisi termasuk YouTube kita, sehingga menjadi lebih semarak, kalay dulu kan kita enggak punya TV Istiqlal,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Sambut Hari Raya Idul Fitri, Masjid Istiqlal Bakal Gelar Takbiran Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru