Peristiwa

Mau mudik ke Sumatra Barat? Waspadai empat titik rawan longsor berikut

Senin, 03 Juni 2019 | 06:15 WIB Sumber: Kompas.com
Mau mudik ke Sumatra Barat? Waspadai empat titik rawan longsor berikut

KONTAN.CO.ID - PADANG. Pemudik yang melewati jalur darat ke Sumatra Barat harus mewaspadai empat daerah yang rawan longsor. Apalagi, saat ini cuaca di Sumatra Barat tidak menentu, kadang panas dan kadang hujan lebat. 

Empat daerah rawan longsor tersebut adalah Pasaman, Bukittinggi, Limapuluh Kota dan Pesisir Selatan. 

"Hampir di sepanjang jalan di daerah itu rawan longsor. Kita minta pemudik waspada. Kalau hujan lebat, sebaiknya istirahat saja," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Rumainur, yang dihubungi, Minggu (2/6). 

Empat daerah itu, kata Rumainur, merupakan pintu masuk ke Sumbar. Pasaman adalah pintu masuk dari Sumatra Utara, Limapuluh Kota dan Bukittinggi dari Riau dan Pesisir Selatan dari Bengkulu. 

Rumainur menyebutkan, untuk antisipasi longsor itu, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum Sumbar dan Balai Jalan Wilayah Sumatra menyiagakan alat-alat berat seperti eskavator dan lainnya. 

"Ada sejumlah alat-alat berat yang disiagakan di titik rawan longsor," jelasnya. Selain alat berat, pihaknya juga menyiagakan petugas 24 jam sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana. 

Pihaknya berharap cuaca di Sumbar lebih bersahabat dan terkendali supaya para pemudik dapat menikmati masa lebaran di kampung halaman dengan baik. (Kontributor Padang, Perdana Putra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Pemudik ke Sumatera Barat Diimbau Waspadai 4 Titik Rawan Longsor"

Editor: Herlina Kartika Dewi
Terbaru