Menhub soal ganjil genap: Jangan sampai ada friksi di lapangan

Senin, 09 September 2019 | 07:57 WIB Sumber: Kompas.com
Menhub soal ganjil genap: Jangan sampai ada friksi di lapangan

ILUSTRASI. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi


KEBIJAKAN PELAT GANJIL GENAP - JAKARTA. Perluasan kebijakan pelat mobil pribadi ganjil genap di DKI Jakarta akan mulai berlaku Senin (9/9) ini. Terkait hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap penerapan kebijakan tersebut berjalan dengan lancar dan tanpa friksi.

"Saya harapkan tim-tim yang ada di lapangan bekerja dengan baik. Jangan ada friksi di lapangan," kata Budi Karya Sumadi di Tangerang, Minggu (8/9).

Menurut dia, bila masih ada perbedaan persepsi maka hal itu dapat dibicarakan. Meski Menhub mengakui bahwa suatu kebijakan pasti tidak akan bisa memuaskan semua pihak.

Baca Juga: Ini 28 gerbang tol yang terkena perluasan ganjil genap hari ini

Budi juga berpendapat meski hasil uji coba belum optimal, tetapi hal tersebut perlu untuk dilaksanakan karena bila tidak ada uji coba maka tidak akan ada penerapan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta telah mengeluarkan Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara yang antara lain mengatur pembatasan usia kendaraan pribadi, dan perluasan ganjil genap. Perluasan ganjil genap rencananya akan diterapkan pada 9 September 2019.

Baca Juga: Ingat, mulai hari ini, melanggar ganjil-genap langsung kena tilang loh

Berikut kawasan baru yang diterapkan perluasan ganjil genap, Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Majapahit, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan Fatmawati (mulai simpang Jl Ketimun 1 sampai dengan simpang Jl TB Simatupang). Selanjutnya, Jalan Suryopranoto, Jalan Balikpapan, Jalan Kyai Caringin, Jalan Tomang Raya, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya, Jalan Kramat Raya, Jalan Senen Raya dan Gunung Sahari. Segmen persimpangan terdekat sampai dengan pintu masuk tol dan segmen pintu keluar tol sampai dengan persimpangan terdekat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Ini Perluasan Ganjil Genap Berlaku, Ini Harapan Menhub"

Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru