Pasokan ikan laut di Padang berkurang

Senin, 13 Juni 2016 | 21:55 WIB Sumber: Antara
Pasokan ikan laut di Padang berkurang


PADANG. Pasokan ikan di sejumlah pedagang ikan di Purus, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami penurunan akibat cuaca dan gelombang tinggi yang terjadi beberapa pekan ini.

"Biasanya saya dapat membeli dari nelayan lebih kurang sampai Rp20 juta, tetapi sekarang hanya sampai Rp5 juta," kata Riki Yandri (35), salah seorang pedagang ikan di Purus, Kota Padang, Sumbar, Senin (13/6).

Walaupun pasokan ikan berkurang namun ia tidak terlalu menaikkan harga, rentang kenaikan harga berkisar Rp2.000 -- Rp5.000 per kilogram, karena dirinya tidak mau mengecewakan pelanggan.

"Harga ikan yang saya jual tetap standar, kenaikan hanya sedikit, karena saya sudah mempunyai banyak pelanggan jadi saya tidak mau mematok dengan harga tinggi," ujarnya.

Di antara ikan yang mengalami kenaikan, seperti ikan karang dari harga awal Rp75.000 per kilogram menjadi Rp80 ribu, sementara ikan tuna sisik dijual dengan harga Rp40 ribu per kilogram.

Pedagang lain di Purus, Rio (29) mengatakan hal serupa. "Biasanya saya dapat memasok dari nelayan sebanyak tiga baskom besar, namun sekarang saya hanya bisa mendapatkan satu baskom besar," kata dia.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru