Pemerintah Berencana Mutasi ASN di Kaltim ke IKN

Jumat, 19 April 2024 | 05:52 WIB Sumber: Kompas.com
Pemerintah Berencana Mutasi ASN di Kaltim ke IKN

ILUSTRASI. Pemerintah berencana memutasi ASN di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Sebagai bentuk kesigapan pemerintah dalam menyiapkan jumlah kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) di ibu kota yang baru, pemerintah berencana memutasi ASN di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.  

"Jadi akan ada beberapa pegawai ASN di wilayah Kaltim yang dimutasi ke IKN," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (17/4/2024). 

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan kebutuhan ASN di IKN dengan menyediakan formasi khusus bagi putera dan puteri terbaik di Kaltim. 

Hal tersebut, menurut Anas, menjadi peluang besar bagi mereka untuk mengabdi di IKN.

Sumber kebutuhan ASN di IKN 

Anas menjelaskan bahwa pemerintah menyiapkan beberapa sumber pengisian kebutuhan ASN di IKN, selain melakukan mutasi ASN di wilayah Kaltim. 

Sumber pengisian kebutuhan ASN di IKN berasal dari kementerian atau lembaga yang pindah ke ibu kota baru dan hasil rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) khusus pada 2024. 

Anas mengatakan, pengisian kebutuhan ASN di IKN melalui rekrutmen CPNS sudah dimulai dengan perincian formasi. 

"Memang di tiap kementerian atau lembaga sekarang sedang didetailkan formasi CPNS khusus penempatan IKN," ungkap Anas. 

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di IKN Nusantara

"Misalnya yang sudah saya cek, di Kemenkes dan Kemenag sudah dialokasikan sekian formasi khusus IKN dari total formasi rekrutmen yang ditetapkan tahun ini. Jadi, sejak awal rekrutmen sudah jelas bahwa mereka akan ditempatkan di IKN," tambahnya.

Arah kebijakan pengadaan ASN 

Anas juga menerangkan bahwa pemerintah telah menetapkan arah kebijakan pengadaan calon ASN pada 2024, salah satunya adalah mendukung efektivitas kerja IKN. 

Rekrutmen ASN pada tahun ini juga diarahkan untuk sebagian merekrut fresh graduate yang rencananya ditempatkan di ibu kota yang baru. 

Anas menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan supaya talenta muda dan fresh graduate diberi kesempatan untuk mengabdi di IKN. 

"Fresh graduate direkrut karena sudah cukup lama pemerintah memang tidak merekrut fresh graduate dalam skala yang cukup besar," imbuh Anas. 

Baca Juga: Per Maret 2024, 247 ASN Sudah Dimutasi ke IKN

Anas menegaskan, sesuai arahan Jokowi, pemindahan ASN ke IKN diharapkan tidak hanya memindahkan tempat kerja, tapi juga mendesain skema yang komprehensif. 

Hal tersebut berkaitan dengan efektivitas kinerja, budaya kerja digital, hingga paradigma kerja birokrasi yang transformatif. Anas memaparkan, ASN akan mulai pindah ke IKN secara bertahap mulai Juli 2024. 

Menteri pindah ke IKN 

Ada sejumlah menteri dan jajaran yang akan pindah ke IKN, salah satunya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan, Basuki Hadimuljono. 

IKN, kata Anas, juga disiapkan sebagai tempat upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI yang melibatkan sekitar 1.500 personel. 

"Kemudian pada September 2024 dilanjutkan dengan pemindahan ASN secara lebih masif. Ada prioritas satu, dua, dan tiga, berapa jumlah eselon I-nya dan seterusnya, semua sudah ada datanya. Tinggal eksekusi saja," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siap-siap, ASN di Kaltim Akan Dimutasi ke IKN"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru