Jabodetabek

Pemprov DKI Jakarta Telah Distribusikan 5.389 Paket Makan Bergizi Gratis

Senin, 23 September 2024 | 15:34 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Pemprov DKI Jakarta Telah Distribusikan 5.389 Paket Makan Bergizi Gratis

ILUSTRASI. Sejumlah siswa makan bersama saat uji coba makan bergizi gratis di SDN Sentul 03, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7/2024). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.


MAKAN BERGIZI GRATIS - JAKARTA.  Uji coba program makan bergizi gratis masih terus dilaksanakan. Salah satunya adalah yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta.

Sejak 29 Agustus hingga 23 September 2024,  Pemprov DKI Jakarta telah menyalurkan 5.389 paket makan bergizi gratis (MBG) kepada pelajar di tujuh sekolah dasar negeri (SDN).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjelaskan, program uji coba MBG ini dilaksanakan kali pertama di SDN Cideng 07, Jakarta Pusat dengan menyalurkan 498 paket makanan menggunakan dana operasional gubernur. Pada hari ini, Senin (23/9), kegiatan dilakukan di SDN Rorotan 03, Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.    

"Sudah sebulan kami menjalani uji coba MBG. Pertama kali masih menggunakan dana operasional gubernur dan dampaknya sangat bagus, karena makin banyak stakeholder bersinergi untuk menunjang kebutuhan gizi dan nutrisi peserta didik," katanya, saat meninjau pelaksanaan uji coba MBG di SDN Rorotan 03 di keterangan, Senin (23/9).

Baca Juga: Program Makan Bergizi Gratis, Kebutuhan Cadangan Beras Pemerintah Bakal Bertambah?

Dilanjutkan Heru, pendistribusian MBG di SDN Rorotan 03 ini didukung Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI, PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Selama dua pekan ini sebanyak 900 paket MBG akan didistribusikan ke murid SDN Rorotan 03.

Menurut Heru pemberian MBG di SDN Rorotan 03 ini merupakan yang pertama mengunakan peralatan makan pakai ulang. Setelah proses pemberian makan, peralatan seperti tumbler, sendok dan garpu yang disiapkan akan dicuci ulang untuk disajikan pada keesokan hari selama program berlangsung.

Selain itu, kegiatan MBG di SDN Rorotan 03 telah melalui proses pengecekan kesehatan food scurity oleh Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara. Kemudian, para pelajar juga akan dihitung berat dan tinggi badan untuk mengukur dampak pemberian MBG.

Dijelaskan Heru, uji coba pemberian MBG ini juga sebagai upaya lebih memahami menu yang disukai, pola distribusi dan takaran pemberian makan yang sesuai dengan peserta didik.

"Penyajian menu disukai peserta didik dengan takaran yang sesuai," ungkap Heru.

Pelaksana Tugas (Plt.) Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati mengungkapkan,  jenis menu MBG yang diberikan untuk siswa-siswi SDN 03 Rorotan terdiri dari nasi goreng sayur, daging ayam potong dadu, telur dadar, dan buah jeruk senilai Rp 22.000 per porsi, dengan kandungan gizi 423,50 kilokalori (kkal) yang memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah dasar dalam satu kali makan.

Selanjutnya: Andalkan 1.200 Toko di Seluruh Indonesia, Simak Strategi Pemasaran Erafone

Menarik Dibaca: GoTo Luncurkan Program Associate Product Manager Bootcamp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru