Pengisian Air Bendungan Penyangga IKN Nusantara Kelar April 2023

Jumat, 30 September 2022 | 06:53 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Pengisian Air Bendungan Penyangga IKN Nusantara Kelar April 2023


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Proses pengisian air (impounding) Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara ditargetkan selesai pada April 2023. Bendungan ini akan menjadi penyangga kebutuhan dasar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jarot Widyoko menyampaikan, progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi hingga saat ini telah mencapai 63,5%. Ia menargetkan impounding sudah mulai dilakukan pada Desember 2022.

"Target saya impounding Desember harusnya sudah impounding. Mungkin nanti Maret-April (2023) sudah selesai karena kita menyediakan kebutuhan dasar untuk IKN," kata Jarot dalam konferensi pers, Kamis (29/9).

Baca Juga: Habiskan Rp 1,08 Triliun, Pemerintah Segera Rampungkan Revitalisasi Kawasan TMII

Sebagai informasi, pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dikerjakan dengan skema kontrak tahun jamak hingga tahun 2023 senilai Rp 556 miliar dengan kontraktor pelaksana PT. Brantas Abipraya- PT Sacna- dan PT. BRP (KSO)

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Bendungan Sepaku Semoi yang memiliki luas genangan 280 hekteare dan kapasitas tampung 10,6 juta m3 ini sudah cukup lama direncanakan, utamanya untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Balikpapan.

Selanjutnya dengan adanya IKN akan dioptimalkan untuk penyediaan air baku berkapasitas 2.500 liter/detik dan mereduksi banjir 55%.

Baca Juga: Kementerian PUPR Targetkan Bendungan Ciawi-Sukamahi Rampung November 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru