Perhatian! Gunung Bromo terapkan bebas kendaraan selama sebulan mulai 24 Januari

Sabtu, 11 Januari 2020 | 19:34 WIB   Reporter: Handoyo
Perhatian! Gunung Bromo terapkan bebas kendaraan selama sebulan mulai 24 Januari

ILUSTRASI. Pengunjung menikmati pagi hari kawasan gunung Bromo dari pos pengamatan Pananjakan I Kab. Pasuruan Jawa Timur, Kamis (19/9). Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menjadi salah satu 10 destinasi wisata ' Bali baru' yang dikembangkan oleh Kementerian Pariwis


WISATA - MALANG. Wisatawan yang hendak pergi ke Gunung Bromo, Jawa Timur, sebaiknya tidak menggunakan kendaraan bermotor di Laut Pasir Bromo, Savana, dan pada 24 Januari-24 Februari 2020. 

Pasalnya, pada masa tersebut Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan menerapkan Bulan Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Month (CFM). 

Baca Juga: Wisata open trip makin menjanjikan dijadikan usaha

Menurut Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie mengatakan pelaksanaan Car Free Month dilakukan untuk menghormati Wulan Kepitu yang diperingati oleh masyarakat Tengger. 

"Wulan Kepitu adalah bulan ketujuh dalam kalender masyarakat Tengger dan merupakan bulan yang oleh sesepuh atau tokoh masyarakat Tengger dianggap sebagai bulan yang disucikan atau megengan wulan kepitu," kata John melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (9/1). 

Wulan Kepitu digunakan oleh sesepuh masyarakat Tengger melakukan laku puasa mutih yang bertujuan untuk menahan perilaku atau sifat keduniawian dan lebih mendekatkan diri dengan Tuhan. CFM akan diberlakukan mulai 24 Januari 2020 pukul 00.00 WIB hingga 24 Februari 2020 pukul 00.00 WIB. 

Baca Juga: PLN pasok listrik 10 destinasi pariwisata prioritas & 11 wilayah shore connection

John juga mengatakan CFM adalah salah satu implementasi 10 cara baru pengelolaan kawasan konservasi yaitu penghormatan terhadap adat budaya atau kearifan lokal masyarakat Tengger. "Sekaligus merupakan momentum untuk memulihkan atau recovery ekosistem kawasan Bromo dan sekitarnya," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Bromo Bebas Kendaraan Selama Sebulan, Ada Apa?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru