Petugas Damkar 14 jam taklukkan api di Kosgoro

Selasa, 10 Maret 2015 | 09:34 WIB Sumber: Kompas.com
Petugas Damkar 14 jam taklukkan api di Kosgoro

ILUSTRASI. Kartu ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW.


JAKARTA. Mobil-mobil pemadam kebakaran masih berjajar di Jalan MH Thamrin pagi ini, Selasa (10/3). Mobil itu terparkir tak jauh dari gedung Wisma Kosgoro yang terbakar sejak kemarin. Sudah 14 jam lebih api belum berhasil dipadamkan.

Api yang mulai berkobar pukul 18.30, Senin (9/3), sebenarnya sempat padam. Namun pagi tadi, sekitar pukul 06.30 WIB, api kembali muncul dari lantai 20 gedung itu. Asap keruh tebal muncul dari lantai atas Wisma Kosgori. Sekitar pukul 07.15 WIB, api tersebut membesar.

"Ada 30 petugas kami yang berada di atas," ujar Kepala Seksi Operasional Damkar Muchtar Zakaria, Selasa.

Petugas pemadam kebakaran pun memecahkan kaca-kaca jendela di lantai 20. Pecahan kaca pun jatuh berhamburan.

Lembar dokumen ikut jatuh seiring jatuhnya pecahan kaca. Untungnya, bagian bawah gedung sudah dievakuasi.

Tidak ada pejalan kaki yang boleh melintas di sekitar gedung ini. Sebagian karyawan pun menonton kebakaran tersebut dari gedung sebelah, yaitu gedung Sinarmas.

Asap tebal, api membesar, dan sky lift yang datang.

Kepala Seksi Operasional Pemadam Kebakaran Jakarta Muchtar Zakaria mengatakan, tim pemadam kebakaran kesulitan dalam memadamkan api di lantai 20 pagi ini. Alasannya, asap tebal yang dihasilkan dari api di lantai 20 turun ke lantai 19 dan mengaburkan pandangan para petugas damkar.

"Kita lagi pendinginan di lantai 19, tiba-tiba muncul api dari lantai 20. Kita juga kaget karena kita lagi operasi pendinginan," ujar Muchtar.

Akibat asap tersebut, petugas damkar jadi kesulitan memadamkan api di lantai 20. Akan tetapi, 30 anggota damkar yang berada di atas sedang berjuang semaksimal mungkin. Kaca-kaca jendela di lantai tersebut dipecahkan satu per satu oleh petugas damkar.

Muchtar mengatakan, hal itu dilakukan agar asap tebal dari lantai 19 dapat keluar. Sehingga tidak terlalu menghalangi pandangan petugas.

Sementara petugas damkar menyelesaikan hambatan asap ini, api di lantai 20 pun terlihat semakin membesar.

Mobil pemadam kebakaran pun kembali berdatangan. Tidak lama kemudian, mobil pemadam sky lift milik Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta datang dan beraksi memadamkan lantai 20 gedung Wisma Kosgoro. Sky lift tersebut membantu petugas damkar untuk memadamkan api dari luar gedung.

Api berangsur-angsur padam setelah petugas damkar menyiram air di atas lantai tersebut. Tadi malam, mobil sky lift ini juga dikerahkan untuk memadamkan api di gedung ini. (Jessi Carina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru