Plt Gubernur Jateng: Jangan provokasi buruh memusuhi pengusaha

Selasa, 01 Mei 2018 | 13:55 WIB Sumber: Kompas.com
Plt Gubernur Jateng: Jangan provokasi buruh memusuhi pengusaha

ILUSTRASI.


MAY DAY - SALATIGA. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko meminta agar tidak ada provokasi terhadap buruh untuk memusuhi pengusaha. Hal itu dikatakan Heru disela peringatan May Day 2018 di Halaman Gedung Korpri Kota Salatiga, Selasa (1/5).

"May Day bukan bulan di mana menjadi momen berseberangannya buruh dengan pengusaha. Jangan provokasi buruh musuhi pengusaha. Malah harus sebaliknya, tingkatkan kerja sama antara keduanya dan pemerintah," kata Heru.

Menurut Heru, sumber daya manusia (SDM) para pekerja di Jawa Tengah dan pada umumnya di Indonesia diakui mempunyai keterampilan yang bervariasi dan relatif. Sehingga menjadi tugas bersama antara pengusaha dan pemerintah untuk meningkatkan kemampuan para pekerja.

"Pengusaha tidak mungkin membiayai peningkatan SDM tersebut, maka pemerintah membantu dengan memberikan pelatihan, baik secara formal dan non formal," ujarnya.

Heru menjelaskan, dari sekitar 260 juta jiwa penduduk Indonesia, saat ini jumlah pekerja mencapai 35 juta jiwa. Jumlah ini cukup besar untuk djadikan kekuatan membangun. "Bersama dengan pengusaha dan pemerintah untuk menyambut bonus demografi, dan PR pemerintah adalah penguatan SDM, tingkatkan fasilitas kesehatan dan pendidikan," tuturnya.

Sementara, Walikota Salatiga Yuliyanto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pekerja di Salatiga yang telah membantu pengusaha dan pemerintah dalam membangun kota. "Terima kasih hari ini bapak ibu semua mau demo. Demonya, demo senam, jalan sehat, bagi-bagi doorprize. Selamat memperingati May Day Tahun 2018, semoga bapak-ibu dan para buruh semua semakin sejahtera," ucap Yuliyanto.

Senada, Ketua Apindo Salatiga Jencien Restantio berharap kerja sama antara pekerja dan pengusaha semakin erat. "Mari ciptakan iklim usaha yang kondusif, kita bersama-sama bekerja untuk kesejahteraan keluarga," kata Jencien.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kapolda Jawa Tengah, Kasdam Diponegoro, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Walikota dan Wakil Walikota Salatiga, sekretaris daerah Kota Salatiga, Forkopimda, ketua Apindo Salatiga, dan ketua-ketua oraganisasi buruh di Salatiga.

Peringatan May Day di Salatiga diikuti sekitar 5.000 buruh. Mereka mengikuti senam sehat, jalan sehat, hiburan, pembagian doorprize, bazar, dan pemeriksaan kesehatan gratis. Sedangkan hadiah yang diperebutkan antara lain, sepeda gunung, kulkas, kompor gas, kipas angin, setrika dan hadiah hiburan lainnya. (Syahrul Munir)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Plt Gubernur Jateng: Jangan Memprovokasi Buruh Memusuhi Pengusaha

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru