Jabodetabek

Program Work From Anywhere Diusung Pramono-Rano di Pilkada Jakarta, Ini Kata Pengamat

Jumat, 25 Oktober 2024 | 18:51 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Program Work From Anywhere Diusung Pramono-Rano di Pilkada Jakarta, Ini Kata Pengamat

ILUSTRASI. Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Pramono Anung (kanan) dan Rano Karno (kiri) mengikuti debat pertama pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (6/10/2024). Debat perdana tersebut mengangkat tema penguatan SDM dan transformasi Jakarta menjadi Kota Global. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.


PILKADA - JAKARTA. Menjelang Pilkada Jakarta 2024-2029, pasangan calon nomor urut 3 Pramono Anung dan Rano Karno mendapat dukungan luas, bahkan dari warga di luar Jakarta.

Program Work from Anywhere (WFA) yang diusung pasangan ini dinilai mampu memberikan solusi bagi masalah kemacetan yang telah lama menjadi persoalan utama di ibu kota.

Pengamat politik dari Indonesia Political Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai bahwa program WFA yang diusung pasangan Pramono-Rano sangat relevan karena menyentuh persoalan dasar yang dihadapi warga Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: Elektabilitas Pramono Anung Mengungguli Ridwan Kamil di Survei Pilgub Jakarta

"Kemacetan adalah isu krusial bagi warga Jakarta dan wilayah penyangga seperti Bekasi, Tangerang, dan Depok. Program ini menawarkan solusi yang menarik," kata Karyono dalam keterangannya Jumat (25/10).

Namun, Karyono juga menggarisbawahi pentingnya regulasi yang jelas agar kebijakan WFA ini dapat diimplementasikan dengan baik.

Menurutnya, perlu ada koordinasi antara Pemprov Jakarta dan sektor swasta untuk memastikan program ini tidak menimbulkan tumpang tindih aturan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta menunjukkan bahwa pada tahun 2023, pengendara di Jakarta rata-rata menghabiskan 2-3 jam per hari di jalan hanya untuk berangkat dan pulang kerja.

Hal ini menegaskan bahwa solusi seperti WFA bisa memberikan dampak signifikan dalam mengurangi waktu tempuh dan meningkatkan produktivitas.

Dengan latar belakang pengalaman Rano Karno sebagai mantan Gubernur Banten dan Pramono Anung sebagai tokoh nasional, pasangan ini diyakini memiliki kapasitas untuk membawa perubahan dalam tata kelola transportasi dan kemacetan Jakarta.

Baca Juga: Ridwan Kamil-Suswono Akan Gelar Makan Gratis di Beberapa Warteg Tiap Jumat

Dukungan datang dari warga penyangga Jakarta seperti Iwan dari Bekasi, yang dalam video viral mengimbau warga DKI untuk mendukung pasangan Pramono-Rano.

Iwan menilai program WFA sebagai solusi konkret untuk mengurangi kemacetan Jakarta. "Gue baca programnya Mas Pram. Beliau punya program Work from Anywhere yang menurut gue sangat bagus," ungkapnya dalam video tersebut.

Seruan serupa juga datang dari Odah, warga Ciledug, Tangerang, yang menyebut kemacetan Jakarta sebagai masalah yang ia rasakan saat tinggal di kawasan Palmerah dan Slipi.

"Program Mas Pram soal Work from Anywhere sangat tepat untuk mengatasi kemacetan di Jakarta," ucapnya.

Selanjutnya: Ini Upaya BTN Melindungi Data Pribadi Nasabah

Menarik Dibaca: Ini Penjelasan Garuda Indonesia terkait Program Seat Selection

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto
Terbaru