Puluhan pedagang di 6 pasar Jakarta positif corona, ini daftarnya

Kamis, 11 Juni 2020 | 23:45 WIB Sumber: Kompas.com
Puluhan pedagang di 6 pasar Jakarta positif corona, ini daftarnya


PASAR TRADISIONAL - JAKARTA. Sebanyak 51 pedagang di enam pasar tradisional di DKI Jakarta terkonfirmasi positif terjangkit virus corona baru. Data itu tercatat oleh Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) per Kamis (11/6). 

"Pedagang pasar terdampak Covid-19 di Jakarta ada 51 orang," ujar Ketua Bidang Infokom IKAPPI Reynaldi Sarijowan, Kamis (11/6). Sebanyak 51 pedagang pasar yang positif ini berdasarkan hasil dari pemeriksaan swab. 

Berikut perinciannya berdasarkan data IKAPPI:

 Baca Juga: Begini aturan new normal di pusat perbelanjaan dan pasar tradisional

  1. Pasar Perumnas Klender: 20 pedagang
  2. Pasar Mester Jatinegara: 1 pedagang 
  3. Pasar Serdang Kemayoran: 9 pedagang 
  4. Pasar Kedip, Kebayoran Lama: 2 pedagang 
  5. Pasar Rawa Kerbau, Cempaka Putih: 14 pedagang
  6. Pasar Induk Kramat Jati: 5 pedagang 

Sementara berdasarkan data hingga Rabu (10/6), sebanyak 439 pedagang di 89 pasar di berbagai daerah di Indonesia positif terjangkit virus corona baru. 

Baca Juga: Berikut tiga pasar di Jakarta yang pedagangnya terjangkit virus corona

"Kami telah melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah di beberapa provinsi, dan beberapa daerah telah menjalani rapid test atau swab di pasar," kata Reynaldi. 

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar meminta seluruh pengelola pasar di Jakarta Timur agar selalu memperketat aturan protokol kesehatan penanganan Covid-19. 

Dia mengingatkan kepada para kepala pasar supaya tidak melonggarkan protokol kesehatan, meskipun DKI Jakarta telah memasuki masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. 

Baca Juga: Pedagang pasar di Jakarta positif Covid-19, kekhawatiran muncul klaster baru naik

Anwar menegaskan, kepala pasar harus mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19, seperti menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, masker, dan lainnya. 

Sebab, ia menilai, pasar menjadi tempat yang memiliki potensi penyebaran virus corona. Bahkan, dia mendorong penutupan sementara pasar yang pedagangnya positif Covid-19.

Penulis: Ryana Aryadita Umasugi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "51 Pedagang di 6 Pasar Jakarta Positif Covid-19, Berikut Daftarnya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru