Ratusan TKI pulang kampung

Senin, 19 September 2016 | 21:39 WIB Sumber: Antara
Ratusan TKI pulang kampung


NUNUKAN. Ratusan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Negeri Sabah, Malaysia, pulang ke kampung halamannya menggunakan kapal KM Bukti Siguntang milik PT Pelni.

Agus (37), seorang TKI yang akan pulang kampung di Nunukan, Senin malam mengungkapkan, dirinya bekerja sebagai buruh di peternakan babi di Kota Kinabalu Negeri Sabah.

Pria yang mengaku istri dan seorang anak ini telah bekerja di negeri jiran selama 4,5 tahun dan baru kali ini pulang ke kampung halamannya untuk bertemu sanak keluarganya.

"Saya sudah empat tahun setengah bekerja di peternakan babi di Kota Kinabalu. Baru kali ini saya pulang kampung tengok (lihat) istri dan anak," ujar pria asal Adonara, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini.

Ia memperkirakan jumlah penumpang tujuan NTT yang berangkat menggunakan KM Bukit Siguntang ini mencapai 500 orang, namun terdapat pula penumpang tujuan Pelabuhan Parepare dan Makassar (Sulsel).

Hal yang sama dikemukakan Bernadus (41) bahwa pertama kali pulang ke kampung halamannya di Maumere, NTT, setelah 4,5 tahun bekerja di perkebunan kelapa sawit di wilayah Tawau Negeri Sabah.

Pria dengan dua orang anak ini mengutarakan, niatnya untuk mengolah kebun miliknya dengan menanam kakao sebagaimana dengan pengalamannya selama di Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru