Peristiwa

Saldo nasabah tiba-tiba hilang, berikut penjelasan BRI Cianjur

Selasa, 06 April 2021 | 21:20 WIB Sumber: Kompas.com
Saldo nasabah tiba-tiba hilang, berikut penjelasan BRI Cianjur

ILUSTRASI. Pelayanan nasabah di Bank Rakyat Indonesia atau BRI. KONTAN/Cheppy A. Muchlis

KONTAN.CO.ID - CIANJUR. Kantor BRI Cianjur, Jawa Barat, memberikan penjelasan terkait kasus hilangnya sejumlah uang nasabah yang disimpan di dalam rekening. Para nasabah itu diduga menjadi korban kejahatan skimming. 

Pimpinan Cabang BRI Cianjur Yoni Ariyanto mengatakan, pihaknya sedang melakukan investigasi guna menindaklanjuti kejadian tersebut. 

"Kalau memang hasil penyelidikannya nanti terbukti merupakan tindak kejahatan skimming, BRI bertanggung jawab penuh untuk mengganti kerugian nasabah," kata Yoni saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (6/4).

Menurut dia, sesuai standar operasional BRI, penggantian akan diproses selambat-lambatnya 20 hari kerja. "Tapi, secepatnya akan kami upayakan untuk segera selesai penggantian kerugian kepada nasabah," ujar Yoni. 

Namun, Yoni menyatakan, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan, berapa jumlah nasabah yang menjadi korban, termasuk nilai keseluruhan uang nasabah yang raib tersebut. 

Baca Juga: Uang sejumlah nasabah bank di Cianjur raib, ini kronologinya

"Jumlah keseluruhannya berapa, termasuk nilainya belum kita rekap. Saat ini sedang dalam penyelidikan para pihak," ucap dia. 
BRI mengimbau agar para nasabah rajin mengubah PIN ATM dan merahasiakan nomor tersebut. "Biar keamanan terjaga, transaksi juga terjaga," imbuh Yoni. 

Sebelumnya, sejumlah nasabah mengaku kehilangan uang. Saldo tabungan mereka tiba-tiba berkurang dan menerima notifikasi ada penarikan sejumlah uang. Besaran uang yang raib misterius tersebut kisaran Rp 5 juta hingga Rp 50 juta. 

Para nasabah yang kehilangan uang kemudian mendatangi kantor bank di Jalan Adi Sucipta, Cianjur, Senin (5/4). Mereka datang untuk mempertanyakan sekaligus melaporkan kejadian yang telah menimpa mereka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saldo Nasabah Bank Tiba-tiba Raib, Ini Penjelasan BRI Cianjur"

Penulis: Kontributor Cianjur, Firman Taufiqurrahman
Editor: Abba Gabrillin

Selanjutnya: Modus teller bank di Riau gasak uang tabungan nasabah Rp 1,3 miliar

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru