CLOSE [X]

Saling Berjejer, Konjungsi Kuintet Saturnus, Mars, Venus, Jupiter Mulai Akhir Pekan

Jumat, 22 April 2022 | 11:53 WIB   Penulis: Arif Budianto
Saling Berjejer, Konjungsi Kuintet Saturnus, Mars, Venus, Jupiter Mulai Akhir Pekan

ILUSTRASI. Saling Berjejer, Konjungsi Kuintet Saturnus, Mars, Venus, Jupiter Mulai Akhir Pekan


KONTAN.CO.ID - Saling berjejer, konjungsi kuintet Saturuns, Mars, Venus, dan Jupiter akan terjadi mulai akhir pekan ini. Fenomena astronomis ini akan memperlihatkan empat planet dan Bulan yang saling berjejer di langit malam.

Usai bulan purnama Pink Moon hingga hujan meteor Lyrids yang terjadi bulan April ini, ternyata masih ada fenomena astronomis lainnya yang menunggu di bulan April ini.

Tepatnya akan terjadi pada akhir pekan ini, 24 - 29 April 2022 konjungsi kuintet Saturnus, Mars, Venus, dan Jupiter akan terlihat menghiasi langit malam.

Buat yang belum tahu, konjungsi kuintet adalah fenomena astronomis di mana lima benda langit yang tampak segaris secara visual sekaligus.

Lima benda langit yang dimaksud adalah Saturnus, Mars, Venus, Jupiter, dan Bulan.

Menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional melalui akun resmi Instagram (@lapan_ri) menjelaskan bagaimana fenomena ini terjadi dan kapan bisa dilihat.

Baca Juga: Hujan Meteor Lyrids Terjadi Pada 21-22 April, Bagaimana Cara Melihatnya?

Planet di tata surya

Fenomena tersebut kabarnya dapat disaksikan sejakpukul 04.00 dini hari waktu setempat dari arah Timur memanjang hingga Tenggara (kecuali tanggal 29 April, 75 menit sebelum Matahari terbit).

Bila Anda melihat ke arah langit, fenomena konjungsi kuintet ini cukup menarik. Anda dapat melihat lima benda langit berjejer segaris di langit malam ini mulai akhir pekan ini, tepatnya Minggu, 24 April 2022.

Meskipun dilihat nampak seperti bintang yang berkilau, tetapi yang berjejer itu sebenarnya adalah planet. 

Baca Juga: 8 Nama Planet di Tata Surya, Urut dari yang Terdekat dengan Matahari Sampai Terjauh

Persiapkan diri Anda, sambil menikmati santap sahur di bulan Ramadhan ini, melihat fenomena astronomis ini sepertinya akan membuat suasana terasa berbeda.

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat menyaksikan fenomena ini, pastikan Anda menengok ke arah yang tepat yaitu pada arah Timur hingga Tenggara.

Sama seperti fenomena astronomis pada umumnya, tempat yang bebas polusi cahaya akan mempermudah menemukan kelima benda langit ini muncul di atas langit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru