HOME

Selain gratis, DKI siapkan hotel berbayar untuk isolasi mandiri orang tanpa gejala

Kamis, 24 September 2020 | 22:19 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Selain gratis, DKI siapkan hotel berbayar untuk isolasi mandiri orang tanpa gejala

ILUSTRASI. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain gratis, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyediakan hotel berbayar untuk isolasi mandiri pasien virus corona baru berstatus orang tanpa gejala alias OTG.

Saat ini, Dinas Kesehatan DKI sedang berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk menyiapkan hotel berbayar untuk isolasi mandiri pasien orang tanpa gejala.

"Kami siapkan beberapa hotel berbayar untuk masyarakat yang mau isolasi mandiri. Karena, kan, kemampuan warga heterogen," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti dalam talkshow daring di Media Centre Satgas Covid-19, Kamis (24/9). 

Untuk itu, Dinas Kesehatan DKI akan melakukan pembekalan tentang protokol isolasi mandiri kepada pengelola hotel yang akan menyediakan tempat untuk isolasi mandiri orang tanpa gejala secara berbayar.

Kelak, Dinas Kesehatan DKI dan PHRI akan menyediakan informasi dalam bentuk infografis yang berisi hotel-hotel mana saja yang menyediakan tempat untuk isolasi mandiri. "Nanti, masyarakat bisa pilih sendiri," ujar Widyastuti.

Baca Juga: Dari total kasus aktif virus corona di Jakarta, 50% adalah orang tanpa gejala

Juga bisa menggerakkan perekonomian

Dengan menyediakan hotel berbayar untuk isolasi mandiri, Pemerintah DKI juga bisa menggerakkan perekonomian. "Ini bukan masalah kesehatan saja. Kami juga sedang kerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," imbuh dia.

Saat ini, pemerintah baru menyediakan tempat isolasi mandiri bagi orang tanpa gejala di Wisma Atlet Kemayoran. Kepala Kesehatan Kodam Jaya Kolonel CKM dr. Stefanus Dony mengatakan, ada dua tower yang menjadi flat isolasi mandiri.

Hanya, hingga Kamis (26/9), flat isolasi mandiri Wisma Atlet Kamayoran, yakni tower 4 dan tower 5, sudah terisi 67% dari total kapasitas 3.116 tempat tidur. 

"Kapasitas flat isolasi mandiri untuk OTG masih aman, masih sekitar 1.000 tempat tidur. Satu kamar berisi dua tempat tidur," kata Dony dalam dalam talkshow yang sama.

Dony menambahkan, jika flat isolasi mandiri Wisma Atlet Kemayoran penuh, pemerintah sudah menyiapkan tower Wisma Karantina Pademangan. "Ini memang sudah pemerintah siapkan," jelasnya. 

Selanjutnya: Belum genap 2 pekan, flat isolasi mandiri Wisma Atlet untuk OTG terisi 67%

 

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru