HOME

Senin (7/9), penumpang KRL diprediksi mencapai 420.000 orang

Senin, 07 September 2020 | 14:39 WIB   Reporter: Selvi Mayasari
Senin (7/9), penumpang KRL diprediksi mencapai 420.000 orang

ILUSTRASI. Sejumlah calon penumpang bergegas naik KRL Commuter Line di Stasiun Bogor, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/wsj.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melaporkan kondisi sejumlah stasiun kereta rel listrik (KRL) pada pagi ini terpantau relatif tertib dan kondusif dengan jumlah pengguna sebanyak 114.040 orang hingga pukul 08.00 WIB. Pengguna diprediksi bakal mencapai 420.000 orang.

VP Corporate Communications KCI Anne Purba mengatakan, pengguna KRL juga lebih tertib dan taat melakukan protokol kesehatan di KRL. Adapun, Senin (31/8) pekan lalu menjadi catatan tersendiri karena volume pengguna sepanjang hari tersebut mencapai 420.423 pengguna, atau rekor tertinggi selama masa PSBB di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Namun layanan KRL sepanjang hari tersebut dapat berlangsung kondusif berkat kerja sama dan kedisiplinan dari para pengguna KRL. Hari ini, diprediksi volume pengguna KRL sepanjang hari ini akan menyentuh angka 420.000 orang kembali," kata Anne dalam siaran resmi, Senin (7/9).

Menurutnya, Senin pagi ini secara umum kondisi di sejumlah stasiun-stasiun pemberangkatan awal tetap stabil dan terkendali. Di stasiun-stasiun padat seperti Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, Stasiun Bojong Gede, dan Stasiun Citayam, CI tetap konsisten melakukan protokol kesehatan yaitu pembatasan pengguna untuk terciptanya physical distancing di dalam KRL dengan penyekatan pengguna KRL yang hendak masuk ke dalam KRL dan Stasiun di beberapa zona yang ada.  

Di Stasiun Bogor misalnya, ada 8.776 pengguna, atau meningkat 5% dari 8.306 pengguna pada waktu yang sama pekan lalu. Sementara di Stasiun Bojong Gede terdapat 7.828 pengguna atau meningkat 10%, Stasiun Bekasi tercatat 6.819 pengguna, relatif stabil dibandingkan Senin pekan lalu sejumlah 6.884.

Baca Juga: Perjalanan 4 KA Daop 5 Purwokerto dibatalkan lantaran sepi penumpang

Sejumlah stasiun lainnya seperti Depok, Citayam, dan Parungpanjang juga tercatat tidak banyak perbedaan dibandingkan Senin pekan lalu. 

KCI mengimbau para pengguna untuk mengatur perjalanannya, dengan melihat info kepadatan dan posisi antrean di stasiun-stasiun melalui versi terbaru aplikasi KRL Access yang telah tersedia untuk android maupun iOS, serta sebisa mungkin para pengguna menghindari pemberangkatan di jam sibuk.

Operator KRL tersebut hari ini tetap mengoperasikan 975 perjalanan KRL per hari dengan waktu operasional pukul 04.00-21.00 WIB sesuai dengan pola operasi di masa PSBB Transisi.

Dalam memberikan layanan pada masa pandemi ini, KCI senantiasa mengutamakan pelaksanaan protokol kesehatan diantaranya kewajiban menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh saat akan naik KRL, pembatasan pengguna di dalam KRL, menjaga jarak saat di stasiun dan KRL, serta penyediaan wastafel tambahan sebagai fasilitas untuk mencuci tangan. Kebersihan stasiun dan kereta juga rutin dijaga dengan pembersihan berkala selama beroperasi maupun seusai jam operasional layanan KRL.

Selanjutnya: Pemerintah kucurkan Rp 19,7 triliun untuk 5 BUMN, simak pertimbangannya

 

Editor: Handoyo .


Terbaru