Siaga! Jakarta berpotensi banjir bandang dua hari ke depan

Kamis, 28 Januari 2021 | 13:17 WIB Sumber: Kompas.com
Siaga! Jakarta berpotensi banjir bandang dua hari ke depan

ILUSTRASI. Jakarta berpotensi mengalami banjir selama cuaca ekstrem yang diprediksi akan berlangsung 28 Januari-2 Februari 2021. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.


BANJIR JAKARTA - JAKARTA. Jakarta berpotensi mengalami banjir selama cuaca ekstrem yang diprediksi akan berlangsung 28 Januari-2 Februari 2021. Peringatan ini dikeluarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta.

Oleh karenanya, BPBD DKI Jakarta meminta masyarakat untuk bersiaga menghadapi bencana tersebut, yang biasanya juga disertai bencana alam lain, seperti tanah longsor dan pohon tumbang. 

"Kami mengimbau agar masyarakat dapat mengantisipasi dan menyiapkan segala sesuatunya untuk menjaga diri dari hujan angin," ujar Plt. Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto, Kamis (28/1/2021). 

Lebih lanjut Sabdo menjelaskan, prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG menunjukan potensi dampak banjir bandang dalam dua hari ke depan, dan menetapkan DKI Jakarta dalam potensi dampak dengan status siaga. 

Baca Juga: Cuaca hari ini Jabodetabek: Waspada, hujan ringan-lebat sejak pagi hingga dini hari

BPBD DKI Jakarta sendiri telah menerbitkan buku saku "Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir Bagi Masyarakat". 

Informasi tersebut disampaikan BPBD DKI Jakarta melalui akun Twitter resminya, @ BPBD Jakarta, pada 25 Januari lalu.

Baca Juga: Saran epidemiolog, orang tak pakai masker dibawa ke ruang isolasi pasien Covid-19

Di antara hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi bencana banjir, angin kencang, dan tanah longsor tersebut adalah sebagai berikut: 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru