CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Status Gunung Tangkuban Parahu naik jadi waspada, ini rekomendasi PVMBG


Jumat, 02 Agustus 2019 / 11:13 WIB

Status Gunung Tangkuban Parahu naik jadi waspada, ini rekomendasi PVMBG


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meningkatkan status Gunung Tangkuban Parahu dari level 1 (normal) menjadi level II (waspada) terhitung sejak Jumat (2/8). 

Dengan naiknya status Gunung Tangkuban Parahu ke level waspada, PVMBG memberikan beberapa rekomendasi kepada masyarakat atau wisatawan di sekitar gunung tersebut.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Press Release Erupsi Gunungapi Tangkuban Parahu Tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Parahu dinaikkan dari Level 1 (Normal) menjadi Level II (Waspada) terhitung sejak 2 Agustus 2019 pkl. 08.00 WIB. Evaluasi menerus tetap dilakukan untuk mengantisipasi tingkat aktivitas dan potensi ancaman erupsi. Rekomendasi: 1. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu dan pengunjung/wisatawan/pendaki, Tidak mendekati kawah yang ada di puncak G. Tangkuban Parahu dalam radius 1,5 Km dari kawah aktif. 2. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu, Pedagang, Wisatawan, Pendaki, dan Pengelola Wisata G. Tangkuban Parahu agar mewaspadai meningkatnya konsentrasi gas-gas vulkanik dan dihimbau tidak berlama-lama berada disekitar kawah aktif G. Tangkuban Parahu agar terhindar dari paparan gas yang dapat berdampak bagi kesehatan dan keselamatan jiwa. 3. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu, Pedagang, Wisatawan, Pendaki, dan Pengelola Wisata G. Tangkuban Parahu agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala vulkanik yang jelas. 4. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan G. Tangkuban Parahu, tetap memperhatikan perkembangan kegiatan G. Tangkuban Parahu yang dikeluarkan oleh BPBD setempat dan selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat. 5. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (BPBD Provinsi Jabar) dan BPBD Kabupaten Bandung Barat serta BPBD Kabupaten Subang. #pvmbg #gunungapi #bandung

A post shared by PVMBG (@pvmbg_kesdm) on

 

Mengutip Instagram PVMVG, beberapa rekomendasi itu antara lain, PVMBG meminta masyarakat atau wisatawan untuk tidak mendekati kawah yang ada di puncak  Tangkuban Parahu dalam radius 1,5 kilometer (km) dari kawah aktif.

Selain itu, PVMBG juga meminta masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu, termasuk pedagang, wisatawan, pendaki, dan pengelola agar mewaspadai meningkatnya konsentrasi gas-gas vulkanik dan dihimbau tidak berlama-lama berada disekitar kawah aktif agar terhindar dari paparan gas yang dapat berdampak bagi kesehatan dan keselamatan jiwa.

Baca Juga: Jumat pagi ini, status Gunung Tangkuban Parahu naik jadi level waspada

Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu, pedagang, wisatawan, pendaki, dan pengelola wisata di sekitar Tangkuban Parahu juga diminta mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala vulkanik yang jelas.

Meski begitu PVMBG meminta masyarakat di sekitar Tangkuban Parahu untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Tangkuban Parahu. Namun,  "Tetap memperhatikan perkembangan kegiatan Gunung Tangkuban Parahu yang dikeluarkan oleh BPBD setempat dan selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat," jelas cuitan PVMBG yang dikutip Jumat (2/8).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (BPBD Provinsi Jabar) dan BPBD Kabupaten Bandung Barat serta BPBD Kabupaten Subang.


Reporter: Herlina KD
Editor: Herlina Kartika
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0024 || diagnostic_api_kanan = 0.0006 || diagnostic_web = 0.1267

Close [X]
×