Status Waspada Gunung Merapi sejak 21 Mei 2018 menjadi yang terpanjang dalam sejarah

Senin, 14 Januari 2019 | 15:44 WIB Sumber: Kompas.com
Status Waspada Gunung Merapi sejak 21 Mei 2018 menjadi yang terpanjang dalam sejarah


SIAGA BENCANA - YOGYAKARTA. Hingga hari ini, Senin (14/1) status aktivitas Gunung Merapi masih di level Waspada (Level II). Dengan demikian, ini adalah status Waspada terpanjang sepanjang sejarah aktivitas Gunung Merapi yang terpantau BPPTKG, yakni sejak 21 Mei 2018. 

"Memang ini status waspada yang terpanjang, sejak Mei (Mei 2018)," ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida hari ini.

Dia menceritakan, BPPTKG Yogyakarta menaikkan status Waspada Gunung Merapi mulai 21 Mei 2018. Dinaikkannya status Gunung Merapi dari aktif normal menjadi Waspada karena adanya peningkatan aktivitas. 

BPPTKG Yogyakarta kemudian merekomendasikan radius 3 km dari puncak agar dikosongkan dari aktivitas penduduk. "Kalau sebelum-sebelumnya, seperti tahun 2006, status Waspada itu cuma beberapa minggu, ini sudah delapan bulan," katanya. 

Dia menjelaskan, BPPTKG memiliki banyak parameter yang digunakan untuk menetapkan status pada Gunung Merapi. Pemantauan yang di gunakan BPPTKG Yogyakarta pun juga berbagai macam. 

Seperti pemantauan sesmisitas, deformasi, kemudian juga kimianya. Status Waspada juga ditetapkan bukan berdasarkan letusan gunung api, namun pada ancaman yang ditimbulkan akibat dari aktivitas gunung api tersebut. 

"Status itu dasarnya bukan terhadap letusannya, tetapi potensi bahayanya atau ancamanya ke penduduk," ujarnya. 

Dia memberikan contoh sejumlah gunung api yang erupsi walau statusnya hanya Siaga, bukan status Awas. Sebab, aktivitas gunung api tersebut terpantau tidak ada ancaman bagi masyarakat. 

"Kita punya banyak sekali erupsi gunung api di luar Jawa sana yang meletus terus-terusan tetapi tidak sampai (statusnya) Awas, karena itu memang tidak ada ancaman terhadap penduduk," lanjutnya. 

Hanik mengatakan pihaknya tidak bisa memprediksi kapan status Waspada ini akan berakhir, karena tergantung dari aktivitas Gunung Merapi itu sendiri. 

"Kita tunggu saja datanya. Kita hanya memantau, memitigasi, kemungkinan-kemungkinan apabila akan terjadi sesuatu. Kita tidak bisa memprediksi secara eksak," tegasnya. (Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Status Waspada Gunung Merapi sejak 21 Mei 2018 Jadi Status Waspada Terpanjang"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru