Tanda-Tanda akan Meletus, Terjadi Hujan Abu Vulkanik di Lereng Gunung Merapi

Kamis, 10 Maret 2022 | 13:05 WIB Sumber: Kompas.com
Tanda-Tanda akan Meletus, Terjadi Hujan Abu Vulkanik di Lereng Gunung Merapi

ILUSTRASI. ilustrasi. Tanda-Tanda akan Meletus, Terjadi Hujan Abu Vulkanik di Lereng Gunung Merapi


ERUPSI GUNUNG - Magelang. Gunung Merapi menunjukkan tanda-tanda akan meletus atau erupsi. Sebanyak 10 desa di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, diterpa hujan abu vulkanik Gunung Merapi, sejak Rabu (9/3/2022) malam hingga Kamis (10/3/2022) pagi.

Hujan abu terjadi selepas awan panas guguran Merapi pada Rabu (9/3/2022) mulai pukul 23.18 WIB. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang mencatat, berdasarkan pemantauan informasi melalui sosial media dan laporan dari masyarakat, sampai dengan pukul 01.20 WIB sebaran hujan abu tipis hingga sedang terjadi di wilayah lereng Gunung Merapi.

Sepuluh desa tersebut antara lain Desa Paten, Sengi, Krinjing, Ngargomulyo, Keningar, dan Sewukan (Kecamatan Dukun). Kemudian Desa Ketep, Gantang, Jati dan Soronalan (Kecamatan Sawangan). Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Irianto Purwadi mengatakan, sejak pukul 03.30 WIB, hujan abu maupun hujan air sudah tidak terpantau.

Sedangkan dari pantauan visual Merapi saat ini berkabut, dan cuaca di Kecamatan Dukun dan sekitarnya terpantau berawan-hujan ringan. "Sejak pukul 03.30 WIB sudah tidak perpantau hujan abu dan hujan air," kata Irianto, dihubungi Kamis (10/3/2022).

Baca Juga: BPBD Meminta Warga di Dekat Lereng Gunung Merapi Agar Segera Menjauh dari Zona Bahaya

Menurutnya, sejauh ini belum ada pergerakan warga di lereng Gunung Merapi wilayah Kabupaten Magelang yang mengungsi. Warga masih bertahan di rumah masing-masing dan beraktivitas seperti biasa. "Untuk wilayah Magelang tidak ada yang mengungsi sejauh ini, yang mengungsi ada di wilayah Sleman," imbuh Irianto.

Sebelumnya, Gunung Merapi juga menunjukkan tanda-tanda akan meletus berupa guguran awan panas. Warga Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta bahkan sempat mengungsi pada Rabu 9 Maret 2022 karena tanda-tanda Gunung Merapi akan meletus tersebut.

Gunung Merapi termasuk gunung berapi yang aktif dan sering meletus di Indonesia. Terakhir kali, Gunung Merapi memasuki masa erupsi atau meletus pada Januari 2021.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Desa di Magelang Diterpa Hujan Abu Gunung Merapi",

 

Penulis : Kontributor Magelang, Ika Fitriana
Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru