Peristiwa

Viral video ratusan orang di Jeneponto bongkar paksa peti jenazah pasien corona

Senin, 06 Juli 2020 | 23:55 WIB   Reporter: kompas.com
Viral video ratusan orang di Jeneponto bongkar paksa peti jenazah pasien corona

KONTAN.CO.ID - JANEPONTO. Warga Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, geger dengan beredarnya video amatir yang menampilkan ratusan warga membongkar paksa peti jenazah pasien positif virus corona baru.

Dalam rekaman video amatir tersebut tampak petugas gugus depan Covid-19 tak mampu berbuat apa-apa lantaran mendapat intimidasi dari kerabat pasien corona yang meninggal.

Peristiwa yang terjadi pada Sabtu (4/7) pekan lalu di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Beru, Kelurahan Manjangloe, Kecamatan Tamalatea, ini berawal saat SL (69) mengalami sakit perut usai tertusuk batang pohon kelor.

Baca Juga: Indonesia bisa jadi episentrum pandemi corona, setelah China dan India di Oktober

SL kemudian dibawa ke Rumahsakit Umum Daerah (RSUD) Lanto Daeng Pasewang Jeneponto pada Rabu (1/7). Setelah menjalani pemeriksaan medis, korban kemudian menjalani perawatan di ruang isolasi Covid-19 setelah hasil swab menyatakan korban terinfeksi virus corona hingga akhirnya meninggal dunia pada Sabtu (4/7/2020).

"Gara-gara tertusuk batang kelor dinyatakan kena corona makanya kami menolak," kata Caya (40), salah seorang kerabat SL melalui pesan singkat.

Pemulasaraan jenazah SL dilakukan melalui protokoler kesehatan dan dibawa ke TPU Kampung Beru untuk dimakamkan. Namun, di lokasi pemakaman, ratusan orang keluarga SL telah bersiaga dengan senjata tajam menyambut kedatangan peti jenazah.

Baca Juga: Jadi klaster baru Covid-19, tiga perusahaan di Semarang liburkan karyawan

Aparat gabungan TNI-Polri tak mampu membendung

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru