Wah Kapal Pinisi Siap Berlayar di IKN Mulai 1 Agustus 2024

Selasa, 30 Juli 2024 | 15:05 WIB   Reporter: kompas.com
Wah Kapal Pinisi Siap Berlayar di IKN Mulai 1 Agustus 2024

ILUSTRASI. Warga melihat Kapal Pinisi yang ditarik ke laut saat prosesi peluncuran perahu (annyorong lopi) di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (11/12/2023). Pemerintah Kota Makassar meresmikan dua unit Kapal Pinisi yang dibuat dengan anggaran Rp7,99 miliar sebagai media atraksi wisata dan budaya serta edukasi sejarah dan menjadi salah satu program prioritas pemerintah setempat dalam memajukan sektor pariwisata di daerah itu. ANTARA FOTO/Arnas Padda/aww.


IKN NUSANTARA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan kapal pinisi untuk melayani perjalanan wisata di Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai 1 Agustus 2024.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penyediaan infrastruktur transportasi laut berupa kapal pinisi ini dalam rangka mendukung pembangunan dan transportasi di IKN.

Selain itu, Kemenhub akan menyediakan satu unit kapal lagi melalui penugasan kapal pinisi milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni.

Menhub berharap kerjasama buy the service (pembelian layanan) ini, dapat menjadi stimulasi sehingga ke depan akan semakin banyak operator kapal yang tertarik untuk melakukan pelayaran komersil di IKN.

"Jadi akan kita lihat Balikpapan, seperti Labuan Bajo, banyak kapal phinisi. Kita tahu Balikpapan memiliki destinasi wisata, ada konservasi orangutan, ada penangkaran buaya, ini bagian dari satu kegiatan pariwisata. Kami nanti akan kolaborasi dengan pemerintah provinsi maupun OIKN," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (30/7/2027).

Baca Juga: Menhub Paparkan Perkembangan Transportasi di IKN

Sebelumnya, Menhub bilang, kehadiran kapal pinisi di IKN ini penting demi memperkenalkan IKN kepada masyarakat luas, terlebih potensi wisata di perairan Balikpapan sangat menarik untuk dinikmati.

“Potensi wisata di perairan Balikpapan yang masih hijau dan alami sangat mengagumkan dan sayang sekali apabila tidak dimaksimalkan," kata Budi.

Karena hal itu, dia pun meninjau Pelabuhan Punggur, Pelabuhan ITCI, dan Pusat Suaka Orangutan yang rencananya akan menjadi rute pelayaran kapal pinisi untuk kepentingan wisata di Balikpapan, khususnya menuju kawasan IKN.

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut telah menetapkan dua rute layanan kapal pinisi yakni dari Pelabuhan Semayang-Jembatan Pulau Balang (passing)-Dermaga PT ITCI KU (memutar)-Pelabuhan Semayang. Kemudian untuk rute yang berkebalikan yaitu Dermaga PT ITCI KU-Jembatan Pulau Balang (passing)-Pelabuhan Semayang (memutar)-Dermaga PT ITCI KU.

Baca Juga: Menteri Perhubungan Dukung Rencana Pelayaran Kapal Pinisi untuk Wisata ke IKN

Sepanjang perjalanan, wisatawan nantinya bisa menikmati beragam pengalaman menarik, mulai dari wisata kuliner. Kemudian, mengunjungi gedung serba guna dan Jembatan Pulau Balang, hutan bakau, penangkaran orangutan, hingga melihat hewan endemik lainnya, seperti ikan pesut, bekantan, serta buaya.

"Adapun saat berada di IKN, wisatawan nantinya bisa menikmati city tour di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) menggunakan kendaraan ramah lingkungan. Ini tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan," tutup dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapal Pinisi Layani Perjalanan Wisata di IKN Mulai 1 Agustus 2024", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/07/30/121300526/kapal-pinisi-layani-perjalanan-wisata-di-ikn-mulai-1-agustus-2024.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih

Terbaru