Waspada penyebaran virus Corona, Pemprov DKI bentuk tim cepat tanggap

Senin, 02 Maret 2020 | 15:04 WIB   Reporter: Vendi Yhulia Susanto
Waspada penyebaran virus Corona, Pemprov DKI bentuk tim cepat tanggap

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


VIRUS CORONA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membentuk tim cepat tanggap untuk mewaspadai penyebaran Covid-19 (virus corona).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sejak Januari 2020 pihaknya telah mulai membahas mengenai kekhawatiran munculnya wabah virus corona di Indonesia khususnya di Jakarta. Pemantauan dilakukan terus-menerus oleh jajaran Dinas Kesehatan DKI dan ini dikerjakan ada Tim Gerak Cepat yang memonitor semua potensi penularan penyakit khususnya yang terkait dengan virus corona.

Baca Juga: Satu per satu orang yang kontak dengan 2 WNI positif corona akan dihubungi pemerintah

"Pada hari ini, saya kan mengumumkan apa yang kemarin sudah saya sampaikan. Bahwa DKI Jakarta membentuk tim tanggap Covid-19," kata Anies di Balaikota, Senin (2/3).

Anies mengatakan, tim ini dipimpin oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemprov DKI Jakarta yang beranggotakan Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kominfotik, Kepala BPBD, Kepala Kesbangpol, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Biro Perekonomian DKI Jakarta.

"Tim ini akan bekerja full, memiliki base di kantor Dinas Jesehatan DKI di Jalan Kesehatan Nomor 10," ujar dia.

Anies menjelaskan, tim dari Dinas Kesehatan DKI sudah melakukan penyelidikan epidemiologi. Yaitu setiap orang-orang yang dipantau akan dibentuk susunan pattern (pola) interaksinya.

"Siapa berkegiatan di mana berinteraksi dengan siapa kapan dan lain-lain. Dan pattern (pola interaksi) itu sudah ada untuk seluruh kasus yang dipantau," kata dia.

Baca Juga: Masyarakat ramai-ramai berburu masker di pasar Pramuka Jakarta

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru