WNA yang dirawat di ruang isolasi RSUD Dr Soetomo negatif virus corona

Senin, 27 Januari 2020 | 10:39 WIB Sumber: TribunNews.com
WNA yang dirawat di ruang isolasi RSUD Dr Soetomo negatif virus corona

ILUSTRASI. Petugas otoritas kesehatan memeriksa suhu tubuh seorang kru kapal MV Vung Hai berbendera Panama dari Hongkong menggunakan thermometer non kontak di Pelabuhan PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Jumat (24/1/2020). Otoritas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I


VIRUS CORONA - SURABAYA. Direktur RSUD Dr Soetomo Joni Wahyuhadi menegaskan, warga negara asing (WNA) yang dirawat di rumah sakitnya tidak bisa disebut sebagai suspect coronavirus.

Meski saat ini WNA tersebut dirawat dalam ruang isolasi, namun hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi penanganan.

"Beliau tidak bisa dikatakan sebagai suspect, karena kita sudah melakukan CT Scan dan dia menderita Bronkitis, bukan coronavirus. Tapi mengapa disiolasi karena antisipasi saja karena dia juga dari Tiongkok, namun yang namanya dari luar negeri flu saja juga sangat mungkin terjadi kan," tegas Joni Wahyuadi, Minggu (26/1).

Baca Juga: Diduga terpapar virus corona, seorang pekerja asal China di rawat di RSHS Bandung

Joni Wahyuhadi menegaskan, pasien juga tidak bisa dikatakan sebagai suspect virus corona lantaran tidak semua tanda-tanda atau gejala virus corona ada pada pasien tersebut. Dan diagnosa dokter mengarah pada Bronkitis.

"Pasien dalam kondisi sangat baik, dia santai-santai malah, dan baik-baik saja. Jadi warga Jawa Timur tidak perlu panik, kita jalankan pemeriksaan pada pasien dan dia terdiagnosa bronkitis," terang Joni Wahyuhadi.

Oleh karena itu pihaknya juga berencana menggelar konferensi pers pagi ini sekitar pukul 08.00 WIB.

Pihaknya akan memberikan keterangan resmi pada publik bahwa masyarakat tak perlu panik akan adanya virus corona di Jawa Timur

Baca Juga: Menkes: 135 pintu masuk Indonesia dijaga antisipasi virus corona

Selain itu ia mengimbau masyarakat untuk tak mudah percaya dengan berita-berita yang belum benar terkonfimasi apalagi di media sosial. "Kami harap masyarakat tidak cemas dan panik," tegasnya.

Di sisi lain, RSUD Dr Soetomo telah mensiagakan ruang isolasi untuk mengantisipasi jika ditemukan pasien terinfeksi virus corona atau 2019-nCoV.

Wakil Direktur Penunjang Medik, dr Hendrian D Soebagjo SpM mengungkapkan, ruang isolasi ini hanya digunakan jika ada penyakit yang sangat menular.

"Kewajiban kami menerima rujukan tingkat nasional. Tetapi sejauh ini belum ada (pasien terinfeksi virus corona), kalaupun ada akan kami siapkan ruang isolasi. Ada 8 tempat tidur dan ada cadangan ruangan juga," urainya pada TribunJatim.com, Minggu (26/1).

Ia pun berharap agar virus corona ini tidak menjadi wabah besar di Jatim.

Baca Juga: Emas bullish berkat kekhawatiran corona dan berada di US$ 1.581,82 per ons troi

Pasalnya pemerintah juga sudah melakukan barikade turis yang datang dari negara yang terindikasi terinfeksi virus corona.

"Tim medis kami sudah siap dari penyakit infeksi dan tropical disease sejak peristiwa flu burung. Tim ini tidak bubar karena masih beraktivitas," ujar dia. (Sof)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul WNA yang Dirawat di Ruang Isolasi RSUD Dr Soetomo Negatif Virus Corona Tapi Terdiagnosa Bronkitis,

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru