15 Orang Tenggelam Usai Kapal Terbalik di Teluk Mawasangka, Sulawesi Tenggara

Senin, 24 Juli 2023 | 09:47 WIB Sumber: Kompas.com
15 Orang Tenggelam Usai Kapal Terbalik di Teluk Mawasangka, Sulawesi Tenggara


KECELAKAAN - BUTON TENGAH. Sebanyak 15 orang dilaporkan tewas tenggelam usai kapal ketinting yang ditumpangi terbalik di teluk Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, Senin (24/7) dini hari. 

Rakit yang membawa 40 penumpang tersebut tenggelam usai pulang dari menonton acara ulang tahun Kabupaten Buton Tengah di Kecamatan Mawasangka Tengah. 

“Kecelakaan rakit tenggelam di teluk Mawasangka Tengah di Kabupaten Buton Tengah. Dengan jumlah penumpang sekitar 40 orang, yang tewas 15 orang, yang selamat 6 orang, dan melakukan pencarian 19 orang,” kata Kepala Basarnas Kendari, Muhamad Arafah, Senin. 

Baca Juga: SPJM Terus Tingkatkan Marine Awareness Para Awak Kapal

Berdasarkan informasi yang diterima, puluhan warga Desa Lagili, Kecamatan Mawasangka Timur itu, pergi menonton hiburan di hari ulang tahun Kabupaten Buton Tengah di Lakorua, Kecamatan Mawasangka Tengah, dengan menggunakan kapal ketinting.  

Saat pulang, puluhan warga kembali naik perahu yang disewakan tersebut. kapal tetap jalan menuju pelabuhan Desa Lagili meski diduga kelebihan muatan. 

Lalu, sekitar 500 meter dari pelabuhan Desa Lagili, kapal tersebut miring dan bocor sehingga tidak bisa dikendalikan lagi. Akhirnya kapal tersebut terbalik.  
Warga Desa Lagili melakukan proses pencarian dengaan menggunakan perahu alat penerangan. 

“Setelah mendapat informasi tersebut, Basarnas Kendari memberangkatkan satu tim rescue dari pos SAR Muna. Dan kemudian pukul 04.50 Wita, kapal Basarnas Kendari Rescue dari pelabuhan Murhum Baubau, menuju lokasi tenggelam kapal dengan peralatan lengkap,” ujar Arafah.

Baca Juga: 5 Hari Menghilang, Kapal Selam Wisata Titatnic Ditemukan Sudah Menjadi Puing

Sementara 15 korban tewas tenggelam langsung dibawa ke puskesmas Mawasangka Timur untuk diidentifikasi dan diserahkan ke keluarganya. 

Saat ini tim SAR masih melakukan pencarian 19 orang warga yang dilaporkan hilang di Teluk Mawasangka Tengah. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "15 Orang Tewas Tenggelam Usai Nonton Hiburan HUT Buton Tengah, Awalnya Kapal yang Ditumpangi Terbalik",

Penulis : Kontributor Baubau, Defriatno Neke
Editor : Dita Angga Rusiana

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru