20 Wisata di Semarang Bernuansa Alam dan Sejarah untuk Akhir Pekan

Sabtu, 02 Juli 2022 | 06:34 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
20 Wisata di Semarang Bernuansa Alam dan Sejarah untuk Akhir Pekan

ILUSTRASI. Umbul Sidomukti sebagai salah satu tempat wisata di Semarang.


KONTAN.CO.ID - Wisata Semarang menjadi salah satu tujuan liburan yang menarik buat dikunjungi selama akhir pekan atau libur panjang. 

Nah, ada beberapa tempat wisata di Semarang yang bisa dikunjungi oleh wisatawan selama musim libur panjang anak sekolah, akhir tahun, maupun liburan singkat di akhir pekan. 

Wisata Semarang ini pun beragam mulai dari bernuansa alam, sejarah, dan budaya yang tersebar di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, maupun daerah di sekitar wilayah Semarang. 

Lantas, apa saja tempat wisata di Semarang yang bisa dikunjungi libur akhir pekan maupun libur panjang? 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Bandung Terbaru yang Wajib Dikunjungi

20 Tempat wisata Semarang 

Nah, berikut 20 tempat wisata Semarang yang bisa Anda kunjungi bersama teman, keluarga, dan kerabat saat akhir pekan dan libur panjang:

1. Kawasan Wisata Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Tempat wisata di Semarang yang bisa Anda kunjungi adalah Kawasan Wisata Umbul Sidomukti berdiri sejak Tahun 2007. Dirangkum dari laman resmi Umbul Sidomukti, area wisata Umbul Sidomukti memiliki Taman Renang Alam yang di tunjang dengan Wahana Pacu Adrenalin, Cafetaria, Area outbond, dan lain-lain. 

Di Kawasan Wisata Umbul Sidomukti juga terdapat pondok lesehan ikan bakar, pondok kopi atau kafe di atas awan dengan view 5 gunung, 
Villa Pondok Panorama, Resto Panorama, serta Taman Renang Umbul Sidomukti. 

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Kota Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan

2. Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang

Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang 

Selanjutnya, tempat wisata di Semarang adalah Gunung Telomoyo yang memiliki ketinggian 1.894 mdpl. Dirangkum dari laman Pemerintah Kabupaten Semarang, Gunung Telomoyo terkenal dengan wisata Samudera Awan yang bisa disaksikan langsung dari beberapa titik. 

Tak hanya itu, Gunung Telomoyo juga menjadi favorit bagi wisatwan domestik maupun mancanegara, karena menawarkan panorama indah sejumlah gunung lainnya. Di antaranya Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran.

Selain itu, Gunung Telomoyo yang berlokasi di Desa Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini juga memiliki hutan pinus nan eksotis. Wisatawan juga bisa melihat pemandangan perkampungan penduduk dari atas ketinggian.

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Kota Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran

3. Grand Maerakaca, Semarang

Taman Wisata Grand Maerakaca di Semarang

Kemudian, tempat wisata di Semarang adalah Grand Maerakaca yang dulu bernama Puri Maerakaca. Grand Maerakaca berada di kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah, di komplek Tawang Mas Semarang Barat, tak jauh dari Pantai Marina. 

Dirangkum dari laman Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah, taman ini diresmikan oleh Gubernur Ismail pada tahun 1980-an. Grand Maerakaca yang merupakan Pusat Rekreasi Taman Budaya Jawa Tengah ini, ibarat taman mininya provinsi Jawa Tengah karena di dalamnya terdapat 35 anjungan yang menjadi cerminan dari 35 kabupaten dan kotamadia yang ada di provinsi Jawa Tengah.

Tak hanya berisi 35 anjungan itu saja, di Grand Maerakaca ini juga terdapat miniatur peninggalan sejarah dan obyek wisata yang populer di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur, Benteng Pendhem, Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Demak dan lain-lain. 

Selain itu, Grand Maerakaca juga dilengkapi sarana rekreasi seperti becak air, perahu unik yang atapnya berbentuk daun, area permainan anak hingga outbond.

Baca Juga: Jumlah Penumpang Angkutan Penyeberangan Capai 1,6 Juta Orang

4. Kampoeng Kopi Banaran 

Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran merupakan salah satu wisata Semarang yang terletak di Area Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan tepatnya Jl. Raya Semarang – Solo Km. 35. Dirangkum dari laman Kampoeng Kopi Banaran, tempat ini memiliki ketinggian 480 – 600m dpl dengan suhu udara sejuk antara 23ºC – 27ºC.

Kampoeng Kopi Banaran memiliki beberapa fasilitas seperti arena bermain anak (Play Ground), Corporate Gathering, Jogging Track, Outbound Team Building, Kolam Renang, Gazebo, Resort & Hotel, Musholla, Meeting Room, Ballroom, Family Gathering, serta Jelajah Kebun dengan ATV, Off Road & juga Kereta Wisata.

Kampoeng Kopi Banaran dikelilingi panorama tujuh gunung. Ada Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, Andong, Ungaran, Telomoyo, dan Ungaran. Selain itu, wisatawan yang berkunjung bisa menikmati pemandangan langsung ke Rawa Pening. 

Baca Juga: KAI Berikan Diskon Tiket Hingga 60%, Begini Caranya?

5. Taman Bunga Celosia Bandungan 

Taman Bunga Celosia

Salah satu wisata Semarang yang populer adalah Taman Bunga Celosia. Taman Bunga Celosia merupakan destinasi wisata di lereng kaki gunung Ungaran, Bandungan Kabupaten Semarang.

Pemandangan sekitar khas pegunungan, ditambah dengan iklim yang sejuk membuat wisatawan berkunjung ke Taman Bunga Celosia. Taman Bunga Celosia dibangun dengan konsep kekinian taman bunga, spot foto, wahana permainan dan cafe garden (kuliner). 

Dirangkum dari laman resminya, wisata ini cocok untuk semua usia mulai dari anak, remaja, dewasa, maupun lansia. Wisata dengan luas 8,6 hektar ini terdapat spot foto seperti Little Italia, Little Korea, Dermaga Putih, Taman Bunga, White Marine Park, dan masih banyak spot lainnya. 

Di dalam Taman Bunga Celosia juga terdapat Cafe Garden Celosia dengan nuansa yang rilex menikmati menu Cafe Garden Celosia dan pemandangan berbagai gunung. Serta di Taman Bunga Celosia juga melayani penjualan bunga hias dalam bentuk pot yang terletak berdampingan wisata Taman Bunga Celosia.

Taman Bunga Celosia mulai dibuka pada pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Sementara, harga tiket Taman Bunga Celosia adalah Rp 20.000 di weekday dan Rp 25.000 di weekend perorang. 

Baca Juga: Lini Akomodasi Tiket.com Tumbuh 61% pada 2021

6. Rawa Pening 

Rawa Pening

Rawa Pening merupakan salah tempat wisata di Semarang. Rawa Pening merupakan danau alami dengan luas 2.670 hektar yang terletak di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu: Kecamatan Bawen, Ambarawa,  Tuntang, dan Banyubiru.

Dikutip dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Rawa Pening berada di cekungan antara Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran. Hampir setengah dari luas Rawa Pening dipenuhi dengan tumbuhan enceng gondhok. 

Wisatawan dapat mencoba mengitari Rawa Pening dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga. Biaya yang dikeluarkan cukup murah, yakni sebesar Rp. 30.000,- saja untuk berkeliling Rawa Pening selama 40 menit. 

Wisatawan juga dapat menikmati Kampung Rawa serta rumah makan apung. Selain itu, tersedia juga wahana bermain, seperti becak mini, perahu karet, bebek air, serta wisata perahu yang mengelilingi danau Rawa Pening.

Objek wisata Rawa Pening mulai dibuka dari pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam. Biaya tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp. 2.500,- per orang. Biaya yang sangat murah.

Baca Juga: Gardu Pandang Lereng Kelir, rekomendasi tempat wisata alam di Semarang

7. Cimory on The Valley

Cimory on the Valley

Cimory On The Valley berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No KM 30, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Semarang, Jawa Tengah. Dikutip dari Kompas.com (16/1/2022), wisatawan bisa mengunjungi wisata edukasi seperti melihat area factory dan melihat peternakan sapi atau berkeliling bersama Cimory Dairy Tour.

Wisatawan juga bisa berfoto bersama dengan hewan-hewan jinak Dairyland Mini Zoo, atau berfoto di Taman Miniatur Dunia Minimania. Setelah lelah berkeliling, wisatawan bisa menikmati makanan di restoran atau berbelanja produk susu sebagai oleh-oleh. 

Ada juga produk olahan coklat yang bisa didapatkan di outlet Chocomory yang tersedia di dalam area Cimory On The Valley. Tempat wisata di Semarang ini memiliki harga tiket masuk berbeda untuk tiap wahana wisata di dalamnya.

Pada hari biasa (Senin-Jumat) Cimory On The Valley buka dari jam 09.00 WIB hingga 18.00 WIB. Sementara pada akhir pekan (Sabtu-Minggu) Cimory On The Valley buka dari jam 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. 

Baca Juga: Unik, ada replika menara Eiffel di Radesa Wisata

8. Dusun Semilir Bandungan 

Dusun Semilir

Dusun Semilir adalah tempat wisata di Semarang yang memiliki konsep beragam, mulai wisata air, wisata permainan, wisata foto, wisata makanan, dan lain-lain. Bangunan utama di Dusun Semilir, sekaligus yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung, adalah kubah yang didesain mirip Candi Borobudur.  

Kemudian, ada juga wahana berupa perosotoan raksasa warna-warni yang panjangnya mencapai 120 meter dengan tinggi 40 meter. Selain mencoba perosotan raksasa, pengunjung juga masih bisa menikmati sejumlah hiburan yang ditawarkan di Dusun Semilir.  

Tidak hanya foto-foto atau santai sambil berbagai wahana, wisatawan juga bisa menikmati live music. Live music di Dusun Semilir juga unik karena biasanya akan diiringi dengan alat musik angklung dan saksofon.  

Baca Juga: ​Legenda singkat Rawa Pening, tempat wisata populer di Kabupaten Semarang

Tersedia juga wahana permainan anak-anak, mulai dari kereta, boom-boom car, trem, sampai playground yang luas. Sementara itu, pengunjung remaja dan dewasa bisa bermain prosotan, panahan, tembak-tembakkan hingga naik ATV, JIP, sepeda listrik, atau masuk ke wisata omah suwung.

Dikutip dari laman resminya, pada Juni 2022, Dusun Semilir buka setiap hari, yakni pukul 09.00 – 18.00 WIB di weekday, dan pukul 08.00 – 20.00 WIB di weekend. Sementara, HTM bulan Juni 2022 : weekdays Rp 30.000,- dan weekends/Tanggal Merah Rp 40.000. Anak-anak bayar tiket, bayi dalam gendongan gratis.

Baca Juga: Kurangi dampak enceng gondok, sekaligus gerakkan warga

9. Agrowisata Kopeng Gunungsari

Agrowisata Kopeng Gunungsari

Agrowisata Kopeng Gunungsari juga menjadi salah satu tempat wisata di Semarang. Dikutip dari Kompas.com (12/3/2019), obyek wisata ini terletak di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Agrowisata Kopeng Gunungsari menyajikan perpaduan keindahan taman bunga yang berpadu dengan kebun buah jambu. Tiket masuk adalah sebesar Rp 20.000 dengan bonus makan jambu gratis. Untuk pelajar dan anak-anak, harga tiket adalah Rp 10.000. 

Spot Instagramable langsung menyambut wisatawan usai membeli tiket masuk di loket. Sebuah lengkungan kawat dengan tanaman yang menyerupai terowongan seolah membuat tangan gatal untuk menjepretnya dengan lensa kamera.'

Baca Juga: Talas Pratama Asal Kaliurang yang Meraja di Bogor

10. Saloka Theme Park 

Saloka Theme Park

Saloka Theme Park merupakan taman rekreasi yang terletak di Jalan Fatmawati No 154, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah. Saloka Theme Park berdiri di atas lahan seluas 12 Hektare, memiliki 25 wahana yang terbagi dalam 5 zona permainan, yaitu zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada.

Selain itu, ada pilihan restoran, café, dan foodtruck yang menawarkan berbagai makanan-minuman yang memanjakan lidah untuk bersantai. Dikutip dari laman resminya, di Saloka Theme Park juga memiliki pertunjukan Baru Klintihing. 

Harga tiket Saloka Theme Park pada weekdays seharga Rp 120.000 per orang, sementara pada weekend seharga Rp 150.000 per orang. Tiket dapat dipesan melalui laman salokapark.com, pembayaran tiket dapat dilakukan di minimarket, bank, maupun layanan pembayaran secara online.

Jam buka Saloka Theme Park pada weekdays mulai pukul 10.00-18.00 WIB. Sedangkan pada weekend, wisatawan dapat menikmati permainan di Saloka Theme Park mulai pukul 10.00-19.00 WIB.

Baca Juga: Bikin Pisang Goreng Sambal ala Mas Al Ikatan Cinta, Yuk!

11. Candi Gedong Songo 

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan wisata Semarang yang memiliki konsep budaya, sekaligus wisata alam karena menawarkan panorama indah. Mengutip Kompas.com (18/3/2022), candi bercorak Hindu ini berada di ketinggian 1.200 mdpl, sehingga memiliki pemandangan yang indah. 

Tak sedikit pecinta foto yang mengabadikan panorama matahari terbit dari Candi Gedong Sonong. Keunikan memotret matahari terbit dari Candi Gedong Songo adalah terdapat gugusan awan, gunung-gunung di Jawa Tengah, dan matahari terbit di antara candi, sehingga terlihat lebih sakral.

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan kolam pemandian air panas yang memiliki kandungan belerang. Lokasinya berada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Baca Juga: Bali and Beyond Travel Fair 2022 Resmi Dibuka

12. Eling Bening 

Eling Bening

Eling Bening adalah tempat wisata di Semarang bertema alam. Mengutip Kompas.com (17/10/2020), Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang indah berupa Gunung Merbabu, Andong, Telomoyo, Danau Rawa Pening, dan hamparan sawah hijau.

Selain panorama alam, obyek wisata ini memiliki sejumlah fasilitas antara lain kolam renang, kafe, restoran, outbound, camping ground, dan ruang pertemuan.

Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga pada libur panjang. Lokasinya berada di Jalan Sarjono, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. 

Baca Juga: RS Siloam Labuan Bajo Buka Layanan Internasional

13. Klenteng Sam Po Kong 

Klenteng Sam Po Kong

Tempat wisata di Semarang salah satunya adalah Klenteng Sam Po Kong. Klenteng Sam Po Kong terletak di Jalan Simongan Raya No.129, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang.

Dirangkum dari Kompas.com (3/5/2022), Kelenteng Sam Poo Kong adalah kelenteng yang saat masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Khonghucu. Selain untuk tempat ibadah, Kelenteng Sam Poo Kong juga bisa dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat akulturasi budaya China dengan adat Jawa.

Sam Poo Kong menjadi saksi bisu perjalanan Laksamana Cheng Ho ketika pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Jawa.

Baca Juga: Wahana Permainan Kembali Dibuka, Trans Studio Targetkan Laba Naik 25% di 2022

14. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang

Selanjutnya, wisata Semarang adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid Agung Jawa Tengah bangunannya terinspirasi dari prinsip gugus model kluster dari masjid Nabawi dan Madinah. 

Bentuk penampilan arsitekturnya merupakan gubahan baru yang mengambil model dari tradisi para wali dengan membubuhkan corak universal arsitektur Islam pada bangunan pusatnya. Dengan menonjolkan kubah utama yang dilengkapi dengan minaret runcing menjulang di keempat sisinya. 

Masjid beserta fasilitas pendukungnya terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, menempati tanah bandha Masjid Agung Semarang seluas 10 ha dan mampu menampung jamaah lebih kurang 13.000 orang.

Baca Juga: Bidik Turis Asing, RS Siloam Labuan Bajo Buka Layanan Internasional

15. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Kemudian, tempat wisata di Semarang adalah Kota Lama Semarang. Kota Lama Semarang terletak di Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Tanjungmas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Area Kota Lama Semarang atau yang sering disebut Outstadt atau Little Netherland mencakup setiap daerah di mana gedung-gedung yang dibangun sejak zaman Belanda. 

Secara umum karakter bangunan di wilayah ini mengikuti bangunan-bangunan di wilayah Eropa sekitar tahun 1700-an. Hal ini bisa dilihat dari detail bangunan yang khas dan ornamen-ornamen yang identik dengan gaya Eropa. Seperti ukuran pintu dan jendela yang luar biasa besar, penggunaan kaca-kaca berwarna, bentuk atap yang unik, sampai adanya ruang bawah tanah. 

Baca Juga: OYO Hadirkan Fitur “360” bagi Calon Mitra, Apakah Itu?

16. Lawang Sewu 

LAWANG SEWU

Lawang Sewu juga menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang populer. Lawang Sewu terletak di Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Lawang Sewu adalah sebuah gedung di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Lawang Sewu dibangun pada tahun 1907 dan erletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein. 

Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT.Kereta Api Indonesia.  Selain itu pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Perhubungan Jawa Tengah.

Baca Juga: Tak Cuma Belanja, Ini 6 Aktivitas Menarik di Jakarta Fair 2022

17. Gedung Oudetrap 

AMBIL ALIH CAGAR BUDAYA

Gedung Oudetrap terletak di Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang. Dirangkum dari laman Jalur Rempah Kemdikbud, Gedung Oudetrap adalah salah satu bangunan yang memiliki peran penting dalam Jalur Rempah. 

Gedung Oudetrap yang dibangun pada tahun 1834. Di masa itu, gedung tersebut digunakan sebagai gudang gambir oleh VOC. 

Saat ini, bersamaan dengan restorasi kawasan Kota Lama Semarang, Gedung Oudetrap digunakan sebagai gedung teater dan berbagai pertunjukan di Kota Lama Semarang.

Baca Juga: Wisatawan Berkualitas di Borobudur

18. Gereja Blenduk 

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk juga merupakan salah satu tempat wisata di Semarang. Gereja Blenduk terletak di Jl. Letjend. Suprapto No.32, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 10460. 

Gereja Blenduk adalah bangunan yang memiliki gaya arsitektur Phantheon didirikan pada tahun 1753 sehingga gereja pertama di Semarang dan dipugar tahun 1894 oleh arsitek Belanda bernama HPA de Wilde dan Westmaas.

Disebut Gereja Blenduk karena bentuk kubahnya yang seperti irisan bola, sehingga orang mengatakan mblenduk. Bangunannya berbentuk segidelapan beraturan (hexagonal) dengan keunikan interiornya.

Gereja Blenduk sebagai salah satu bangunan kuno di lingkungan Kota Lama yang banyak dikunjungi Wisatawan dan sampai sekarang merupakan tempat Ibadah.

Baca Juga: Pelancong Indonesia Kembali Antre ke Luar Negeri, Minat Melancongnya Bergeser

19. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang merupakan perkampungan warna-warni yang instagramable. Berlokasi di Jalan DR. Sutomo Nomor 89, Randusari, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Dikutip dari Kontan.co.id (16/10/2020) kampung yang dulunya kumuh ini sekarang bertransformasi menjadi lebih bersih. Sehingga, kampung ini cocok untuk dijadikan alternatif tempat untuk menghabiskan akhir pekan dengan suasana baru.

Ditambah lagi ada banyak ornamen-ornamen dan lukisan mural yang tertata apik di sepanjang jalannya. Dengan adanya tema-tema di setiap lukisan muralnya, pengunjung bisa menyesuaikan gaya apa yang akan dipilih ketika berfoto.

Baca Juga: Gunung Api Purba Nglanggeran sudah buka, pengunjung harus ikuti aturan ini

20. Kampung Pecinan Pasar Semawis

Kampung Pecinan Semarang

Lokasi Pecinan di Semarang tak jauh dari kawasan Kota Lama Semarang. Lokasi Kampung Pecinan Pasar Semawis berada di Jl. Gg. Wr. No.50, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang. 

Mengutip Kompas.com, Selasa (11/01/2022), asal mula Pecinan Semarang erat kaitannya dengan pemberontakan etnis Tionghoa di Batavia (Jakarta), atau yang peristiwa Geger Pecinan. Akibat pembantaian yang dilakukan Kolonial Belanda, maka banyak warga keturunan China yang berpindah dari Batavia ke Semarang.

Perpindahan besar-besaran terjadi pada 1740. Kompleks Pecinan Semarang mengalami beberapa kali perpindahan. Perpindahan dilakukan sesuai dengan kebijakan pemerintah Hindia Belanda sebagai upaya mengumpulkan warga keturunan China. 

Nah, itulah daftar tempat wisata di Semarang yang bisa dikunjungi saat libur akhir pekan maupun libur panjang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru