kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45702,42   14,31   2.08%
  • EMAS934.000 -1,06%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

6 Makanan khas Bekasi untuk oleh-oleh liburan


Jumat, 06 Mei 2016 / 13:05 WIB
6 Makanan khas Bekasi untuk oleh-oleh liburan

Sumber: Antara | Editor: Sanny Cicilia

BEKASI. Toko penjualan oleh-oleh makanan khas Bekasi Provinsi Jawa Barat ramai dikunjungi konsumen memasuki libur Kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj 2016.

"Jumlah pembeli meningkat sekitar 50% dari hari biasanya," kata pemilik Toko Mpok Nini, Deny, di Bekasi, Kamis (5/5).

Menurut dia, ada enam produk makanan khas Bekasi yang laku diburu pembeli untuk oleh-oleh daerah tujuan atau dimakan selama menempuh perjalanan liburan.

Enam produk tersebut adalah kue akar kelapa yang memiliki rasa gurih dan garing serta bentuk yang unik mirip dengan bentuk akar pohon kelapa.

Ada pula kue kembang goyang yang menawarkan rasa renyah dan bentuk yang cantik seperti bunga dengan teknik menggoreng dengan digoyong.

"Yang juga laku adalah kue biji ketapang yang bentuknya kecil pipih mirip biji ketapang. Rasanya gurih, renyah dan manis," katanya lagi.

Produk yang juga ditawarkan adalah kue telur gabus berbentuk kembung panjang dengan rasa gurih dan asin keju.

Menurut Deny, makanan khas yang cukup sulit untuk dibuat adalah dodol betawi karena proses adukannya yang memakan waktu hingga berjam-jam tanpa henti.

"Rasanya tak perlu diragukan lagi, manis dan legit, ditambah dengan kekenyalannya. Masyarakat Betawi Bekasi biasanya disajikan sebagai kue khusus untuk pesta, bulan Ramadan, Idulfitri atau Iduladha," katanya pula.

Produk terakhir yang ditawarkan adalah bandeng rorod isi tanpa duri, merupakan pengembangan varian produk berbahan baku ikan bandeng yang telah mengalami proses penghilangan duri dan penambahan bumbu tertentu sehingga rasanya menjadi lebih lezat.

"Saat ini ada dua rasa yaitu original dan pedas, dengan tambahan sambal terasi di setiap kemasannya," katanya pula.

Pada toko yang beralamat di Jalan Belanak 2 Ujung Perumnas 2 Kota Bekasi nampak pembeli berdatanga sejak siang hingga menjelang malam hari.

"Saya memang sengaja mau bawa oleh-oleh khas Bekasi ini untuk keluarga di Cikampek," kata salah satu konsumen Medih (45).

Menurut dia, makanan khas Bekasi itu rutin dibawanya setiap kali liburan ke rumah mertuanya itu.

"Banyak yang suka nanyain, kalau balik lagi ke Cikampek suruh bawa," katanya lagi.




TERBARU

Close [X]
×