Ada 3.000 TKI per hari pulang via Kepri, gubernur minta daerah lain jangan lockdown

Senin, 30 Maret 2020 | 10:08 WIB Sumber: Kompas.com
Ada 3.000 TKI per hari pulang via Kepri, gubernur minta daerah lain jangan lockdown

ILUSTRASI. Calon penumpang melintas di depan konter tiket kapal ferry tujuan Malaysia dan Singapura yang tutup di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (18/3/2020). Sejumlah pelabuhan internasional di Batam sepi penumpang akibat dari penu


VIRUS CORONA - BATAM. Plt Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Isdianto berharap agar sejumlah provinsi yang ada di Indonesia belum memberlakukan lockdown area. Sebab, saat ini per hari sedikitnya ada 3.000 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari Malaysia dan Singapura melalui jalur Kepri.

Jika lockdown lokal diberlakukan, tentunya ribuan TKI ini akan tertahan dan akan terus menumpuk di Kepri. “Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, per hari mencapai 3.000 orang. Dan hal ini akan berlanjut terus. Sehingga dikhawatirkan akan berdampak kurang baik bagi masyarakat Kepri itu sendiri. Bahkan saat ini masyarakat sudah resah, apalagi di tengah krisis Covid-19 ini,” kata Isdianto melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (29/3) malam tadi.

Baca Juga: Perdana Menteri Vietnam meminta kota-kota besar bersiap lockdown akibat corona

Isdianto berharap agar seluruh gubernur se-Indonesia tidak melakukan lockdown di daerahnya, karena ada ribuan TKI yang harus dipulangkan ke kampung halaman mereka masing-masing. “Kalau lockdown dilakukan dikhawatirkan masyarakatnya akan numpuk di Kepri. Jujur saja hal ini akan merepotkan kami. Ngurus warga kami saja kami sudah kewalahan, apalagi kalau ada warga daerah lain yang numpuk di sini," kata dia.

"Makanya kami mohon kepada Bapak Menteri agar segera mencarikan solusi guna menyelesaikan persoalan ini," harap Isdianto saat menghadiri rapat koordinasi melalui video conference di Kantor Gubernur Dompak.

Baca Juga: Ada 701 pasien positif corona di Jakarta, ini 10 kelurahan dengan kasus terbanyak

Rapat ini dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dengan agenda Rapat Koordinasi terkait Kewajiban Karantina Arus Balik Pekerja Migran Indonesia. Yang hadir dalam video conference ini di antaranya Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Kepala BNPB, Gubernur Kalimantan Utara, Gubernur Riau, Gubernur Papua, Gubernur Papua Barat, Gubernur Kepulauan Riau, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut.

Kemudian Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Direktur Jenderal Perkeretaapian, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler, Kementerian Luar Negeri Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia serta Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler. Selanjutnya Kementerian Luar Negeri Asisten Operasi Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Kepolisian Republik Indonesiadan Asisten Operasi Panglima Tentara Nasional Indonesia, Tentara Nasional Indonesia. Sementara Plt Gubernur Kepri didampingi oleh Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah dan Kadiskes Tjetjep Yudiana serta sejumlah kepala OPD lainnya. (Hadi Maulana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 3.000 TKI Pulang Via Kepri Per Hari, Gubernur Minta Daerah Lain Jangan "Lockdown" Lokal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3.000 TKI Pulang Via Kepri Per Hari, Gubernur Minta Daerah Lain Jangan "Lockdown" Lokal", https://regional.kompas.com/read/2020/03/30/09084201/3000-tki-pulang-via-kepri-per-hari-gubernur-minta-daerah-lain-jangan.
Penulis : Kontributor Batam, Hadi Maulana
Editor : Farid Assifa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru