Ada mesin, sistem parkir Kalijodo masih manual

Selasa, 28 Februari 2017 | 15:32 WIB Sumber: Kompas.com
Ada mesin, sistem parkir Kalijodo masih manual


JAKARTA. Ada dua mesin parkir meter di akses masuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) & Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).Kalijodo, tetapi tampak tidak digunakan oleh pengunjung. Sistem parkir mobil maupun sepeda motor di sana masih menggunakan cara manual, dengan tarif yang ditentukan para juru parkir (jukir).

"Mesin parkir meternya sudah dipasang enggak lama setelah Pak Ahok (Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama) meresmikan Kalijodo kemarin," kata staf pengelola RPTRA Kalijodo, Sarah, Selasa (28/2) siang.

Menurut Sarah, pengelola Kalijodo tidak berhubungan dengan parkir dan keberadaan jukir di Kalijodo. Menurut Sarah, urusan parkir ada di bawah Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta.

Secara terpisah, orang yang mengaku sebagai koordinator jukir Kalijodo, Daeng Edi, menyatakan, warga sekitar dilibatkan untuk mengatur parkir. Warga sekitar yang dimaksud adalah mereka yang sebelumnya ikut mengamankan kawasan Kalijodo semasa belum dibangun RPTRA dan RTH.

"Kami ada 50-an orang, warga sekitar yang bantu-bantu di sini. Kalau hari biasa, enggak sebanyak itu. Pada turun kalau hari Sabtu dan Minggu, itu ramai sekali dari buka pukul 05.00 WIB," tutur Edi.

Tarif parkir untuk mobil dipatok Rp 5.000, sedangkan tarif parkir sepeda motor Rp 2.000. Edi mengatakan, sementara ini belum ada batas waktu untuk parkir sehingga tarif berlaku flat.

(Andri Donnal Putera)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru