kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Anies: 500 kilometer jalan DKI bisa jadi jalur sepeda


Jumat, 20 September 2019 / 13:30 WIB

Anies: 500 kilometer jalan DKI bisa jadi jalur sepeda
ILUSTRASI. JALUR SEPEDA


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sekitar 500 kilometer jalan di Jakarta bisa dilengkapi jalur sepeda. Namun, untuk tahap pertama, Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan 63 kilometer jalur sepeda terlebih dahulu. 

"Perhitungan sementara, diperkirakan ada 500-an kilometer (jalan) yang nantinya bisa menjadi jalur sepeda, yang terdedikasi khusus untuk sepeda. Nah, menuju ke sana ada tahapnya, fase ini 63 kilometer dulu," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (20/9). 

Baca Juga: Setiap hari terjadi 27 kasus kecelakaan lalu lintas di Jakarta

Jalur sepeda sepanjang 63 kilometer yang akan disiapkan Pemprov DKI dibagi tiga fase. Fase pertama sepanjang 25 kilometer diuji coba mulai hari ini sampai 19 November 2019. 

Rutenya, yakni Jalan Medan Merdeka Selatan - Jalan MH Thamrin - Jalan Imam Bonjol - Jalan Pangeran Diponegoro - Jalan Proklamasi - Jalan Pramuka - Jalan Pemuda. 

Fase kedua, sepanjang 23 kilometer akan diuji coba pada 12 Oktober-19 November 2019. Rutenya Jalan Jenderal Sudirman - Jalan Sisingamangaraja - Jalan Panglima Polim - Jalan RS Fatmawati. 

Fase ketiga akan diuji coba pada 2-19 November 2019. Rutenya Jalan Tomang Raya - Jalan Cideng Timur - Jalan Kebon Sirih - Jalan Matraman Raya - Jalan Jatinegara Barat - Jalan Jatinegara Timur. 

Jalur sepeda sepanjang 63 kilometer itu berada di ruas jalan yang diberlakukan aturan pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap. "Diutamakan di jalur-jalur yang terkena kebijakan ganjil genap," kata Anies. 

Baca Juga: Kemenhub rencanakan autonomus rail rapid transit jadi moda transportasi ibu kota baru

Sebelum menyiapkan 63 kilometer jalur sepeda, kata Anies, Pemprov DKI sudah menyediakan sekitar 20 kilometer jalur sepeda. 

"Sudah ada sekitar 20-25 kilometer, tapi tersebar, sekarang kita bangun di kawasan pengguna jalur ganjil genap. Jadi di tempat ganjil genap itu gunakan saja sepeda, jauh lebih leluasa," ucap Anies.


Sumber : Kompas.com
Editor: Tendi

Video Pilihan


Close [X]
×