Anies sebut penyebaran Covid-19 di Jakarta masuk fase terendah setahun terakhir

Rabu, 19 Mei 2021 | 15:32 WIB Sumber: Kompas.com
Anies sebut penyebaran Covid-19 di Jakarta masuk fase terendah setahun terakhir

ILUSTRASI. Anies sebut penyebaran Covid-19 di Jakarta masuk fase terendah setahun terakhir


DKI JAKARTA -  JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, kondisi penyebaran Covid-19 di Jakarta saat ini memasuki fase terendah dalam kurun waktu satu tahun terakhir. 

"Di Jakarta ini masuk di fase yang paling rendah selama satu tahun terakhir," kata Anies dalam keterangan tertulis, Rabu (19/5/2021). 

Itulah sebabnya dia menginginkan libur panjang Lebaran 2021 tidak mengganggu kestabilan penanganan Covid-19 di Jakarta. Dia tidak ingin kondisi lonjakan kasus Covid-19 kembali terjadi seperti pada saat libur panjang akhir tahun 2020. 

"Kita tidak ingin kondisi ini berbalik seperti di awal tahun kita ingin agar kondisi ini makin hari makin baik," ujar dia. 

Baca Juga: DKI Jakarta kembali perpanjang PPKM mikro hingga 31 Mei 2021

Ketika angka-angka terkait pandemi Covid-19 semakin membaik, harapan aktivitas kembali normal dan Jakarta bisa terbebas dari Covid-19.

Itu juga sebabnya skrining untuk pemudik yang kembali ke Jakarta digalakkan. Anies mengatakan, dengan skrining diharapkan lonjakan kasus tidak terjadi. 

"Kita akan punya dua hal bergerak bersama, di satu sisi kasus aktif menurun di sisi lain vaksinasi meningkat," kata dia. 

Data teranyar angka kumulatif kasus Covid-19 di Jakarta sudah mencapai 419.920 kasus. Dari angka tersebut, terdapat 405.367 pasien dinyatakan sembuh, 7.433 pasien aktif, dan 7.130 orang meninggal dunia.

Penulis : Singgih Wiryono
Editor : Egidius Patnistik
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies: Jakarta Masuk Fase Terendah Penyebaran Covid-19 Dalam Setahun Terakhir".

Selanjutnya: Cegah lonjakan kasus Covid-19, Anies siapkan dua screening saat arus balik

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru