Apa benar wisatawan wajib bawa rapid test antigen saat ke Kota Malang?

Rabu, 23 Desember 2020 | 14:04 WIB Sumber: Kompas.com
Apa benar wisatawan wajib bawa rapid test antigen saat ke Kota Malang?

ILUSTRASI. Sejumlah daerah memberlakukan kewajiban membawa rapid test antigen bagi pelancong yang berkunjung ke daerahnya. Bagaimana dengan Kota Malang?


VIRUS CORONA - MALANG. Sejumlah daerah memberlakukan kewajiban membawa rapid test antigen bagi pelancong yang berkunjung ke daerahnya. Bagaimana dengan Kota Malang?

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, Wali Kota Malang Sutiaji terbesit berlakukan tes rapid antigen bagi wisatawan yang hendak liburan ke sana. 

“Kemarin karena Malang fluktuasi kasus Covid-19 meningkat terus, sehingga pak Wali buat kebijakan untuk melindungi masyarakat agar terhindar dari paparan Covid-19,” katanya kepada Kompas.com, Selasa (22/12/2020). 

Kendati demikian, saat ini hal tersebut masih sebatas wacana sehingga kebijakan tersebut masih belum pasti apakah akan diterapkan dan kapan mulai berlakunya. 

Baca Juga: Catat, berlibur dengan mobil pribadi tak wajib rapid test antigen

Meski begitu, Ida menuturkan, saat ini perumusan Surat Edaran (SE) terkait hal tersebut tengah dilakukan sehingga terciptanya wacana tersebut tinggal menunggu hitungan hari. 

“Sebentar lagi SE turun. Jadi apakah tes rapid antigen atau bagaimana, nanti tunggu SE. Mudah-mudahan tidak antigen karena itu mahal walau akurat. Sekarang SE masih digodog,” ungkapnya. 

Baca Juga: Informasi terbaru! 9 Daerah ini wajibkan dokumen rapid test antigen

Berdasarkan data per 20 Desember 2020 dari Malangkota.go.id, Kota Malang memiliki 3.233 kasus Covid-19 yang terkonfirmasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 303 kasus dinyatakan sedang dalam pantauan, 2.630 kasus dinyatakan sembuh, dan 300 kasus dinyatakan meninggal. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru