kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bangun kembali Papua dan Papua Barat, pemerintah siapkan Rp 100 miliar


Senin, 09 September 2019 / 18:19 WIB
Bangun kembali Papua dan Papua Barat, pemerintah siapkan Rp 100 miliar
ILUSTRASI. MENKO POLHUKAM JELASKAN KONDISI TERKINI PAPUA

Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Wiranto menyebutkan bahwa pemerintah sudah menyiapkan dana untuk membangun kembali fasilitas di Papua dan Papua Barat sebesar Rp 100 miliar. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera masuk dan membangun kembali fasilitas di Papua dan Papua Barat setelah lokasi tersebut dibersihkan. 

Baca Juga: Mabes Polri: Ada tersangka baru terkait kerusuhan di Papua dan Papua Barat

"Tadi dalam rapat, paling tidak sudah tersedia dana Rp 100 miliar untuk membangun itu (fasilitas rusak) kembali," ujar Wiranto saat konferensi pers di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Senin (9/9). 

Beberapa fasilitas di kedua provinsi tersebut rusak akibat kerusuhan yang sempat terjadi beberapa waktu lalu. Kerusakan diakibatkan oleh massa yang membakar maupun yang merusak dengan sengaja berbagai fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos-fasum) di sana. 

"Sudah ada instruksi Presiden untuk segera dilakukan pembangunan kembali agar segera bisa berfungsi objek-objek penting serta fasilitas umum itu," ujar dia. 

Sementara itu, untuk bangunan-bangunan milik perorangan yang juga turut rusak, pemerintah sedang memikirkan jalan keluarnya. 

Baca Juga: Perkenalkan bido, kelapa berpohon pendek asli Pulau Morotai

Terutama, untuk mendapatkan bantuan agar bangunan-bangunan milik pribadi mereka bisa dibangun kembali. Mulai dari rumah, toko, maupun bangunan milik perorangan lainnya. (Deti Mega Purnamasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bangun Kembali Papua dan Papua Barat, Pemerintah Siapkan Rp 100 Miliar"


Tag


TERBARU

Close [X]
×