Berikut Kantong Parkir di JIS yang Disiapkan untuk Jemaah Salat Idul Adha

Sabtu, 09 Juli 2022 | 22:08 WIB Sumber: Kompas.com
Berikut Kantong Parkir di JIS yang Disiapkan untuk Jemaah Salat Idul Adha

ILUSTRASI. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membuka Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, sebagai salah satu lokasi pelaksanaan shalat Idul Adha


IDUL ADHA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membuka Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, sebagai salah satu lokasi pelaksanaan shalat Idul Adha pada Minggu (10/7). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengikuti shalat Idul Adha di JIS.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rute kedatangan ataupun kepulangan jemaah shalat Idul Adha di JIS. Jajarannya juga akan mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk atau keluar dari sekitar kawasan JIS.

"Kami imbau jika parkir di lokasi penuh, maka ikuti petunjuk petugas di lapangan demi kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan bersama," kata Syafrin dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (9/7).

"Dimohon juga untuk tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama," ujar dia.

Baca Juga: Rayakan Idul Adha, 4.000 Jemaah Muhammadiyah Gelar Shalat Id Berjemaah di Jagakarsa

Syafrin mengatakan, ada delapan kantong parkir yang dapat digunakan di dalam area dan sekitar JIS yakni di dalam stadion, parkir timur 1 JIS, parkir timur 2 JIS.

Kemudian ada di parkir sepeda ramp timur, ITF, Taman BMW, Rukan Nusantara, dan parkir sepeda motor ramp barat.

"Di lokasi parkir ini, tidak disediakan shuttle bus menuju JIS dan sebaliknya (PP) karena jarak ke lokasi salat cukup dekat," ungkapnya.

Selanjutnya, ada 5 kantong parkir di sekitar JIS yang akan dilayani oleh shuttle bus sekolah, yaitu di RSPI Soeroso, Universitas 17 Agustus 45, Graha YKI, D’Arcici Hotel dan Ruko Sunter Nirwana.

Selain itu, disiapkan lokasi parkir yang bersifat opsional (tambahan) yang akan dilayani oleh shuttle bus Transjakarta, yakni di Ancol Karnaval dan C3 atau di belakang Rusun Bandar Kemayoran.

Adapun shuttle bus akan beroperasi mulai pukul 04.30 – 10.00 WIB. Penjemputan kepulangan jemaah dengan shuttle bus dilakukan melalui Zona Selatan JIS atau Pintu 5.

"Diharapkan masyarakat menyesuaikan waktu perjalanan agar bisa sampai di lokasi tepat waktu. Syarat yang sama juga berlaku setelah acara selesai untuk kepulangan kembali ke lokasi-lokasi parkir," tutur Syafrin.

Kendati demikian, Syafrin menambahkan bahwa lokasi parkir tersebut memiliki daya tampung kendaraan yang terbatas. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang ingin ikut salat Idul Adha di JIS dapat menggunakan transportasi umum.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal Besok (10/7)

Penulis : Sania Mashabi
Editor : Ivany Atina Arbi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dishub DKI Sediakan Belasan Kantong Parkir di JIS untuk Pelaksanaan Idul Adha Besok, Berikut Rincian Lokasinya...".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru