BI Kalsel sediakan pasokan uang Lebaran Rp 1,8 T

Senin, 29 Juni 2015 | 16:28 WIB   Reporter: Febrina Ratna Iskana
BI Kalsel sediakan pasokan uang Lebaran Rp 1,8 T


JAKARTA. Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan kembali kas keliling dalam menyambut Lebaran tahun ini. Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel, Harymurthy Gunawan menyebut, BI Kalsel telah menyediakan dana tunai sebesar Rp 1,8 triliun yang berasal dari kas BI yang saat ini mencapai Rp 2,9 triliun.

Uang tunai tersebut akan digunakan untuk melayani masyarakat Kalsel yang ingin melakukan penukaran uang pecahan kecil menjelang Lebaran. Jumlah dana tunai yang disediakan oleh BI pada tahun ini pun meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Pada tahun ini penyediaan dana tunai naik sekitar 21% dibandingkan penyediaan uang pecahan kecil pada tahun 2014 yang hanya mencapai Rp 1,4 triliun," kata Harymurthy pada Senin (29/6).

Kas keliling BI ini diselenggarakan di pelataran kantor Gubernur Kalimantan Selatan mulai dari tanggal 29 Juni 2015 hingga 9 Juli 2015 mendatang. Untuk menyukseskan kas keliling ini, BI telah menggandeng beberapa bank seperti Bank Jabar Banten (BJB), Bank Mandiri, BNI Syariah, BRI, Bank Kalsel, dan Bank Sinarmas.

Bagi masyarakat yang ingin mennukarkan uangnya perlu diperhatikan bahwa dalam kegiatan kas keliling ini, BI Kalsel membatasi total penukaran uang pecahan kecil hanya mencapai Rp 5 juta.

Batas maksimal uang tunai yang bisa ditukarkan sebesar Rp 5 juta terdiri dari nominal Rp 20.000 maksimal sebesar Rp 2 juta, nominal Rp 10.000 maksimal sebesar Rp 1 juta, nominal Rp 5.000 sebesar Rp 1 juta, dan Rp 2.000 sebesar Rp 1 juta.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru