Bluebird dan AP I Resmikan Operasional Taksi Listrik di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Rabu, 22 Juni 2022 | 16:19 WIB   Reporter: Vina Elvira
Bluebird dan AP I Resmikan Operasional Taksi Listrik di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Peresmian operasional taksi listrik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai oleh Bluebird (BIRD) dan Angkasa Pura I.


BISNIS TRANSPORTASI - JAKARTA. Sebagai langkah nyata menuju transisi energi ramah lingkungan, PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali secara resmi memperkenalkan gerakan #BaliCleanEnergy.

Dalam gerakan ini, PT Angkasa Pura I memperkenalkan beberapa inisiatif yang akan diimplementasikan untuk mendukung energi ramah lingkungan, salah satunya adalah mendekatkan pengalaman mobilitas nol emisi melalui armada taksi E-Bluebird. 

Seperti diketahui, transisi energi berkelanjutan akan menjadi salah satu topik utama yang akan dibahas dalam KTT G20 untuk mengatasi perubahan iklim yang telah memberikan dampak terhadap kondisi lingkungan global. Gerakan #BaliCleanEnergy diharapkan dapat memacu kesiapan Bali sebagai tuan rumah presidensi Indoensia di KTT G20. 

Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk (BIRD), Adrianto (Andre) Djokosoetono, mengapresiasi Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang telah mengundang Bluebird sebagai salah satu mitra resmi bandara untuk ikut serta dalam mendekatkan pengalaman mobilitas nol emisi kepada wisatawan serta masyarakat yang berkunjung ke Bali. Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mengurangi emisi karbon sebesar 50% pada tahun 2030.

Baca Juga: HUT ke-50, Bluebird (BIRD) Dukung Sarinah Mempromosikan Merek dan Budaya Lokal

"Bandara merupakan salah satu pintu masuk pengunjung dan merupakan first mile untuk memasuki wilayah Bali. Sehingga kolaborasi ini merupakan langkah strategis antara Bluebird dan Angkasa Pura I untuk memberikan pengalaman mobilitas nol emisi kepada pengunjung sejak mereka pertama kali sampai di Bali," ujar Andre, dalam keterangan resminya, baru-baru ini. 

Hal ini juga sejalan dengan telah dibukanya penerbangan internasional ke wilayah Bali yang menjadikan peluncuran ini menjadi momentum yang tepat untuk menunjukkan kesiapan Indonesia untuk mulai menggunakan energi ramah lingkungan dalam bepergian.

Maka dari itu, Handy Heryudhitiawan, GM Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali berterima kasih kepada Bluebird yang turut berpartisipasi dalam gerakan Bali Clean Energy dengan menghadirkan armada listrik sehingga dapat memberikan pengalaman baru bagi penumpang.

"Selanjutnya, kerjasama yang terjalin antar Bluebird dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan menghadirkan fasilitas ramah lingkungan ini dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan wilayah Bali dalam pengembangan energi bersih guna mendukung presidensi G20 di Indonesia,” tutur Handy.

Sejak pertengahan tahun 2021, BIRD telah melakukan uji coba satu unit kendaraan listrik dan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Andre menjelaskan bahwa implementasi kendaraan listrik merupakan komitmen jangka panjang perusahaan, sebagai realisasi dari salah satu pilar Visi Keberlanjutan Bluebird, yaitu BlueSky yang menjadi bentuk kontribusi perusahaan untuk mendukung perbaikan kualitas lingkungan.

Baca Juga: Terus Bertransformasi di Usia 50 Tahun, BIRD Siap Hadirkan 500 Unit Mobil Listrik

"Pada 20 April lalu, Bluebird secara resmi meluncurkan Visi Keberlanjutan perusahaan, dimana terdapat didalamnya komitmen untuk berkontribusi pada perbaikan kualitas lingkungan. Dalam pilar BlueSky, perusahaan berkomitmen untuk menekan jumlah emisi karbon dengan mengadopsi kendaraan listrik sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut," tambah Andre.

GM Area Timur Bluebird, Panca Wiadnyana mengungkapkan bahwa pihaknya berencana untuk terus menambah adopsi armada listrik secara berkala. 

"Kami melihat presidensi G20 Indonesia sebagai momentum yang tepat untuk merealisasikan armada listrik. Saat melakukan uji coba armada, kami melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat," tutup Panca. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru