HOME

Catat! Ini daftar stimulus Pemprov DKI Jakarta untuk pelaku UMKM di tengah pandemi

Sabtu, 05 Desember 2020 | 22:10 WIB Sumber: Kompas.com
Catat! Ini daftar stimulus Pemprov DKI Jakarta untuk pelaku UMKM di tengah pandemi

ILUSTRASI. Perajin membuat patung berbahan dasar batu alam di Sanggar Dunia Batu Alam, Jakarta, Senin (23/11/2020).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) merupakan sektor yang paling rentan terdampak pandemi Covid-19. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan banyak usaha mikro kecil berhenti beroperasi.

Dilansir dari Tribunnews, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah meluncurkan berbagai program agar UMKM Ibu Kota mampu bertahan dari hantaman pandemi Covid-19. Ini menjadi hal yang esensial karena 93,46 persen pelaku usaha di Jakarta adalah UMKM.

Bagi pelaku UMKM yang ingin lebih mengenal program-program tersebut, berikut ulasannya:

Jakpreneur

Jakpreneur adalah program pendampingan wirausaha yang dilakukan oleh Pemprov DKI dengan tujuan pengembangan UMKM di Jakarta. Pemprov DKI berkolaborasi dengan perusahaan start-up seperti Gojek, Shopee, Bukalapak untuk memberikan pelatihan kepada peserta Jakpreneur.

Selain mendapatkan pelatihan dan kemudahan perizinan, para UMKM binaan Pemda DKI dalam Jakpreneur juga mendapatkan bantuan permodalan serta pemasaran. Untuk bisa terlibat dalam program ini, pelaku UMKM bisa mendaftar dengan cara mengakses laman https://Jakpreneur.jakarta.go.ig/daftar.

Baca Juga: KKP bantu UMKM pengolahan dan pemasaran ikan terdampak Covid-19 di Jateng

Kolaborasi Sosial Berskala Besar UMKM

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) bidang UMKM. Program ini menjembatani antara donatur dengan pelaku UMKM terdampak Covid-19. Posisi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai penyedia platform bagi donatur dan penerima bantuan.

Editor: Yudho Winarto


Terbaru