CFD Jakarta mulai digelar 21 Juni, ini aturan CFD selama PSBB transisi

Jumat, 19 Juni 2020 | 17:08 WIB Sumber: Kompas.com
CFD Jakarta mulai digelar 21 Juni, ini aturan CFD selama PSBB transisi

ILUSTRASI. Petugas Satpol PP membentangkan spanduk larangan berjualan di jalur Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD), Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (3/11/2019). Pemprov DKI melarang PKL berjualan di sepanjang jalur Car Free Day yang selama ini m


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin akan kembali digelar mulai Minggu (21/6/2020). Namun, aturan penyelenggaraan CFD Jakarta selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi bakal berbeda dari biasanya.

CFD Jakarta yang biasanya digelar pukul 06.00 sampai 11.00 WIB akan dikurangi satu jam menjadi pukul 06.00 sampai 10.00 WIB mulai Minggu (21/6/2020). Lalu, masyarakat yang berada di kawasan CFD Jakarta harus mematuhi sejumlah ketentuan.

Baca juga: Alhamdulillah, 6 kelurahan di Surabaya bebas COVID-19

Masyarakat yang hendak beraktivitas di area CFD Jakarta di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin wajib membawa sejumlah perlengkapan guna mencegah penularan Covid-19. Salah satu perlengkapan yang harus dikantongi adalah masker cadangan.

"Sebelum datang, pengunjung diwajibkan membawa masker cadangan, tisu kering dan basah," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi, Jumat (19/6/2020).

Perlengkapan lainnya yang harus dibawa di CFD Jakarta adalah alat pembayaran non-tunai, hand sanitizer, botol minum, dan kantong plastik. Setiap warga yang datang ke area CFD Jakarta selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi wajib menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Syafrin berujar, waktu penyelenggaraan CFD Jakarta selama masa transisi akan dikurangi satu jam, yang semula digelar pukul 06.00-11.00 WIB menjadi pukul 06.00-10.00 WIB. "Saat ini kita masih dalam pelaksanaan PSBB masa transisi, untuk itu tahap awal pelaksanaan HBKB waktunya hanya sampai jam 10.00 dan selanjutnya akan kami evaluasi," kata Syafrin.

Baca juga: Mirip Brompton, sepeda Kruez dari Bandung harus dibeli secara inden

CFD Jakarta di Sudirman-Thamrin akan kembali digelar mulai Minggu (21/6/2020) mendatang, setelah ditiadakan sejak 15 Maret 2020. CFD Jakarta pada masa PSBB transisi hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin berolahraga.

Para pedagang kaki lima dilarang berjualan di CFD Jakarta karena berpotensi menimbulkan kerumunan massa. "Belum dibuka untuk kegiatan jual beli karena potensi kerumunannya masih sangat tinggi. Jadi hanya untuk kegiatan olahraga saja," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Minggu (14/6/2020).

(Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Warga yang Beraktivitas di Car Free Day Sudirman-Thamrin Wajib Bawa Perlengkapan Ini",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru