Asik! Car free day di jalan Sudirman-Thamrin akan kembali digelar 21 Juni

Minggu, 14 Juni 2020 | 11:58 WIB Sumber: Kompas.com
Asik! Car free day di jalan Sudirman-Thamrin akan kembali digelar 21 Juni

ILUSTRASI. Warga beraktivitas saat hari bebas kendaraan di kawasan Bunderan Hotel Indonesia Jakarta./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/24/06/2018.


DAMPAK VIRUS CORONA - JAKARTA. Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, akan kembali digelar pada Minggu (21/6/2020) pekan depan. 

Car free day diketahui telah ditiadakan sejak 15 Maret 2020 untuk mencegah penyebaran Covid-19. "Minggu depan kita akan lakukan car free day hanya untuk olahraga," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (14/6/2020). 

Baca Juga: Meski pendapatannya turun akibat corona, Kemenhub sebut tarif KRL tak akan naik

Anies belum merinci ketentuan waktu pelaksanaan car free day pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Anies menyampaikan, car free day akan kembali digelar karena warga tampak antusias bersepeda pada Minggu pagi ini. Mereka bersepeda di jalur khusus yang telah disiapkan Pemprov DKI di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. 

"Disiapkan satu lajur untuk sepeda, tapi pesepedanya volumenya jauh lebih besar dari lajur yang disiapkan," kata Anies. 

"Karena itu, minggu depan kita akan gunakan sepenuhnya untuk sepeda, pejalan kaki, dan pelari. Jadi semua yang berolahraga bisa menggunakan jalur ini full," lanjut dia. 

Anies berujar, car free day pada masa transisi akan dilaksanakan secara bertahap. Pada saat car free day digelar kembali pekan depan, para pedagang masih dilarang berjualan. "Jadi hanya untuk kegiatan olahraga saja," ucap Anies. 

Baca Juga: Taman Impian Jaya Ancol beroperasi Sabtu (20/6), Gubernur Anies Baswedan cek kesiapan

Pada Minggu pagi, Anies dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersepeda di kawasan Bundaran HI dan meninjau jalur khusus sepeda yang disiapkan Pemprov DKI. Jalur itu disediakan untuk sepeda sejak pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Car Free Day di Jalan Sudirman-Thamrin Kembali Digelar 21 Juni"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru