Danau Toba dibuka untuk kunjungan turis asing di akhir 2020

Minggu, 21 Juni 2020 | 12:21 WIB   Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Danau Toba dibuka untuk kunjungan turis asing di akhir 2020

ILUSTRASI. Wisata Danau Toba akan dibuka kembali secara bertahap mulai Juli 2020, dimulai dari wisatawan lokal.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan wisata Danau Toba akan dibuka kembali secara bertahap mulai Juli 2020. Secara bertahap, hanya wisatawan lokal dari Provinsi Sumatra Utara yang boleh mengunjungi danau vulkanis terbesar di dunia itu.

Sedangkan wisatawan luar provinsi dan wisatawan asing baru diizinkan masuk pada akhir tahun 2020. "Agustus sampai Oktober kami menerima wisatawan antar kota atau daerah sudah bisa masuk. Untuk mancanegara barangkali sudah bisa masuk mulai dari November hingga Januari,” kata Rapidin, Rabu (17/6).

Walaupun wisata Danau Toba di kawasan Pulau Samosir mulai dibuka, Rapidin mengatakan pihaknya akan mengevaluasi kunjungan para wisatawan untuk mencegah penyebaran virus corona. Hingga saat ini, Kabupaten Samosir menjadi satu-satunya wilayah zona hijau di kawasan Danau Toba.

Baca Juga: Begini progres jalan tol Kuala Tanjung-Parapat yang menjadi akses ke Danau Toba

Tidak ada pasien Covid-19 di kabupaten tersebut. "Juni sosialisasi dan bulan Juli uji coba dengan timeline wisatawan lokal. Kemudian evaluasi terhadap uji coba pengunjung domestik dan mancanegara," ucap Rapidin.

Dengan dibukanya kembali wisata Danau Toba, Pemkab Samosir akan menerapkan new normal di bidang kepariwisataan. Prosedur operasional standar (SOP) new normal akan diterapkan mulai dari objek wisata, hotel atau akomodasi, rumah, makan, jasa hiburan, dan pemandian air panas.

Baca Juga: Kementerian PUPR pastikan pengembangan 5 destinasi wisata tetap berjalan

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru