DKI Jakarta fokus subsidi rumah dan transportasi

Rabu, 03 Agustus 2016 | 13:50 WIB Sumber: Antara
DKI Jakarta fokus subsidi rumah dan transportasi


JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memfokuskan pemberian subsidi untuk pembangunan di sektor perumahan dan transportasi di wilayah ibukota. Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, mengatakan, sektor perumahan dan transportasi itu merupakan faktor utama yang mempengaruhi inflasi di Jakarta. Maka sektor tersebut yang akan diberi subsidi.

Oleh karena itu, pemprov akan menyediakan Public Service Obligation (PSO) untuk sektor transportasi sebesar Rp 3,2 triliun. Subsidi tersebut, salah satunya akan dimanfaatkan untuk membeli unit-unit bus baru. 

Sementara itu, di sektor perumahan, pihaknya akan terus membangun rumah susun (rusun) sebagai tempat relokasi warga yang tinggal di bantaran sungai atau waduk. "Tahun ini mungkin masih belum bisa dirasakan manfaatnya. Tapi mulai tahun depan pasti sudah mulai terasa. Perlahan-lahan tingkat inflasi di Jakarta pasti bisa kami turunkan," tutur Basuki.

Untuk pembangunan infrastruktur, pihaknya akan meminta kepada pengembang yang belum memenuhi kewajiban, sehingga Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta tidak terbebani dengan proyek pembangunan. 

(Budi Suyanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru