DPRD DKI Jakarta akhirnya menetapkan Ahmad Riza Patria sebagai wagub terpilih

Senin, 06 April 2020 | 14:52 WIB Sumber: Kompas.com
DPRD DKI Jakarta akhirnya menetapkan Ahmad Riza Patria sebagai wagub terpilih

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria menjadi pembicara dalam acara 'Ngobrol Bareng Cawagub DKI' di Jakarta, Jumat (6/3/2020). Kegiatan tersebut diselenggarakan PSI Jakarta dengan tema 'Solusi Banjir Ala Wakil


DPRD DKI - JAKARTA. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menetapkan politisi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria sebagai wakil gubernur (wagub) terpilih DKI Jakarta dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020) siang.

Penetapan itu dilakukan setelah anggota DPRD DKI melakukan pemilihan wagub DKI dalam rapat paripurna tersebut. Riza memenangi pemilihan dengan perolehan 81 suara.

Baca Juga: Ahmad Riza Patria terpilih jadi wagub DKI Jakarta dampingi Anies

Sementara rivalnya, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansjah Lubis, memperoleh 17 suara. Dua suara dinyatakan tidak sah.

"Berdasarkan hasil pemilihan, ditetapkan Saudara Ahmad Riza Patria menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta terpilih sisa masa jabatan 2017-2022," ujar Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi yang memimpin rapat paripurna.

Anggota DPRD dan tamu yang hadir dalam rapat paripurna tersebut kemudian bertepuk tangan. Prasetio kemudian menanyakan persetujuan anggota DPRD DKI mengenai hasil pemilihan dan penghitungan suara yang telah dilakukan.

Para anggota Dewan serempak menjawab, "Setuju." Prasetio pun mengetuk palu sebanyak tiga kali sebagai tanda ditetapkan hasil pemilihan wagub, disambut tepuk tangan para anggota DPRD.

Baca Juga: Begini mekanisme pemilihan Wagub DKI di tengah pandemi Covid-19

Prasetio mengatakan, hasil pemilihan wagub hari ini akan disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo.

Selanjutnya, hasil penetapan calon wakil gubernur DKI Jakarta terpilih sisa masa jabatan 2017-2022 akan kami sampaikan kepada Presiden Republik Indonesia melalui Kementerian Dalam Negeri," kata Prasetio.

Pemilihan wagub DKI Jakarta pada hari ini dipilih oleh 100 anggota DPRD DKI dari total 106 anggota Dewan. Enam anggota Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak dapat menggunakan hak pilihnya lantaran terlambat mengisi daftar hadir. (Nursita Sari)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DPRD Tetapkan Ahmad Riza Patria sebagai Wagub Terpilih DKI Jakarta"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru