Duh! Jumlah pasien positif Covid-19 klaster Pasar Cileungsi bertambah 33 kasus

Selasa, 16 Juni 2020 | 15:05 WIB Sumber: Kompas.com
Duh! Jumlah pasien positif Covid-19 klaster Pasar Cileungsi bertambah 33 kasus

ILUSTRASI. JAKARTA,15/06-SWAB TES DI PASAR. Petugas melakukan pemeriksaan suhu tubuh mendeteksi virus corona (swab tes) kepada warga dan pedagang di Pasar Thomas, Jakarta, Senin (1506). Pemeriksaan swab tes dilakukan guna memutus rantai penularan virus corona di pas


VIRUS CORONA - KABUPATEN BOGOR. Jumlah pasien positif Covid-19 dari klaster Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bertambah menjadi 33 kasus.

Penambahan kasus baru Covid-19 ini terus terjadi selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional. Dari jumlah itu, sebanyak 14 pasien dari pedagang dan 16 dari non-pedagang.

"Hari Minggu ada 32 kasus dan kemarin bertambah satu perempuan usia 27 tahun. Jadi total kasus (klaster) Pasar Cileungsi sebanyak 33 kasus," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah dalam keterangan tertulis, Selasa (16/6/2020).

Baca Juga: Hore tunjangan tenaga medis corona sudah cair

Syarifah menyebutkan, dari total 33 kasus Covid-19 di klaster Pasar Cileungsi, yang dinyatakan sembuh sebanyak 4 orang. Sementara yang meninggal dunia sebanyak 2 orang.

Syarifah menjelaskan, kasus baru yang muncul adalah hasil dari tracing pasien yang sebelumnya positif. Sejauh ini, semua pasien positif Covid-19 sudah diisolasi di rumah sakit.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Mike Kaltarina mengatakan, Pemkab Bogor menargetkan pemeriksaan terhadap 1.000 pedagang di Pasar Cileungsi.

"Target 1.000 pedagang dan kita dibantu Gugus Tugas Provinsi Jawa Barat. Mereka juga sudah menyiapkan penambahan tenaga kesehatan," kata Mike.

Selain itu, pasar-pasar yang dianggap rawan juga akan dilakukan tes dibantu pihak Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mempercepat prosesnya.

Mike juga memastikan bahwa untuk mengurangi potensi terjadinya penolakan tes Covid-19, pihaknya telah melakukan sosialisasi agar bisa dipahami oleh para pedagang.

Baca Juga: Sri Mulyani: Saya berdoa tidak terjadi second wave corona

Mike mengatakan, para pedagang telah setuju menjalani tes hari ini, setelah mereka diberikan edukasi terkait Covid-19. Terlebih lagi, tes tersebut demi kebaikan para pedagang sendiri selama berjualan di pasar.

"Setelah diberikan edukasi, mereka juga akhirnya paham kok dan mau dites. Nanti selain Pasar Cileungsi, juga akan ada tes di sejumlah pasar lainnya yang dianggap rawan penularan," ujar Mike. (Kontributor Kabupaten Bogor, Afdhalul Ikhsan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasien dari Klaster Pasar Cileungsi Bertambah, Pedagang Mulai Mau Dites",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru