Eduwisata, Sarana Polbangtan Kementan Giatkan Konsumsi Buah dan Sayur Lokal

Jumat, 03 Februari 2023 | 12:32 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Eduwisata, Sarana Polbangtan Kementan Giatkan Konsumsi Buah dan Sayur Lokal

Lahan praktik Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor dikunjungi siswa dan siswi siswi SDIT Insantama Bogor untuk tujuan Agroeduwisata, Selasa (31/1).


AGRIBISNIS -  BOGOR. Lahan praktik Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dari Polbangtan Bogor dikunjungi siswa dan siswi i SDIT Insantama Bogor untuk tujuan Agroeduwisata, sebagai program pengenalan anak sekolah dasar pada sektor pertanian, yang berlangsung Selasa (31/1).

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) dan Direktorat Jenderal Prasarana Pertanian Kementan (PSP) meluncurkan EduWisata Smart Greenhouse di Polbangtan Bogor pada 2020.

Pada peluncuran EduWisata dari Polbangtan Bogor, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa keberadaan EduWisata merupakan upaya Kementan dalam modernisasi pertanian, harapannya generasi muda tertarik menggeluti bidang pertanian.

Baca Juga: Menyehatkan Ekosistem Agribisnis Padi

"Kita fasilitasi mereka. Kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, jejaring hingga pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda. Pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemi ini, ya pertanian," katanya.

Kunjungan SDIT Insantama Bogor kali ini dilakukan murid-murid kelas 2 sebanyak 112 siswa didampingi 11 guru. Tujuannya, memperkenalkan dunia pertanian kepada anak-anak, sekaligus kegiatan belajar di luar kelas.

Kegiatan Bermain dan Belajar di luar kelas (outing class), mempelajari konsep matematika berhitung, mengukur tinggi, panjang dan berat yang dikemas dengan pembelajaran pertanian secara menyenangkan.

Ada pun kegiatan yang dilakukan selama program Agroeduwisata di Kampus Cibalagung, siswa/i SDIT Insantama diajarkan sejumlah hal seperti menanam dan panen, tur keliling Smart Green House, naik traktor, wahana air dengan perahu karet, menangkap ikan, demo es krim (free es krim), dan mini games.

Baca Juga: Kementan Rekrut Fasilitator Muda Dampingi Pengembangan Petani Milenial

Kegiatan yang menyenangkan adalah pengalaman pertama anak-anak memanen sayuran terutama sayuran bayam, dan memanen buah melon kualitas unggul pada lahan budidaya di Smart Greenhouse model DFT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru