Politik

Elektabilitas Risma di bursa Cagub DKI melonjak berdasarkan survei Median

Senin, 15 Februari 2021 | 14:06 WIB Sumber: Kompas.com
Elektabilitas Risma di bursa Cagub DKI melonjak berdasarkan survei Median

ILUSTRASI. Menteri Sosial Tri Rismaharini berjalan menuju mobil usai mengunjungii KPK, di Jakarta, Senin (11/1/2021).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga survei Media Survei Nasional (Median) mencatat adanya lonjakan elektabilitas Tri Rismaharini dalam bursa pemilihan gubernur DKI Jakarta.

Dalam survei terbaru yang digelar awal Februari ini, Menteri Sosial itu dipilih oleh 23,5% responden. Angka itu didapat melalui survei semi terbuka di mana responden diberi 16 nama calon gubernur.

Angka itu meningkat signifikan ketimbang survei pada Juli 2020 lalu. Dengan metode yang sama, Risma saat itu hanya dipilih oleh 4,2% responden.

"Elektabilitas Risma meningkat signifikan sampai 19% hanya dalam waktu kurang dari setahun," kata Direktur Riset Median Ade Irfan Abdurrahman, Senin (15/2/2021).

Baca Juga: Pilkada DKI Jakarta 2022, Riza Patria berpotensi jadi pesaing Anies Baswedan

Ade menilai, melonjaknya elektabilitas Risma tak lain karena blusukan yang kerap dilakukannya di DKI Jakarta setelah dilantik jadi Mensos.

Aksi blusukan itu membuat perbincangan mengenai isu Risma akan maju di Pilgub DKI semakin gencar.

"Ini saya pikir ada efek dari kehadiran beliau setelah ditunjuk jadi Menteri Sosial, ada kegiatan beliau blusukan yang langsung dirasakan masyarakat Jakarta," kata Irfan.

Hal ini juga tergambar dari hasil survei. Sebanyak 11,7% responden mengaku memilih Risma karena gaya blusukan yang kerap ia lakukan.

Di sisi lain, survei Median mencatat elektabilitas Anies sebagai calon petahana cenderung stagnan.

Baca Juga: Survei: Pabowo Subianto tokoh paling diharapkan publik sebagai Capres 2024

Pada Juli lalu, dengan survei metode semi terbuka, Anies dipilih oleh 40% responden. Pada survei hari ini elektabilitasnya hanya naik sedikit ke angka 42,5%.

Editor: Noverius Laoli
Terbaru