Fasilitasi Mudik Gratis 2023, BRI Holding Gandakan Jumlah Kursi Pemudik 3 Kali Lipat

Selasa, 18 April 2023 | 23:37 WIB   Reporter: Yuwono Triatmodjo
Fasilitasi Mudik Gratis 2023, BRI Holding Gandakan Jumlah Kursi Pemudik 3 Kali Lipat

ILUSTRASI. Regional Chief Executive Officer (RCEO) BRI Jakarta 2, Prasetya Sayekti, melepas rombongan pemudik dalam program mudik gratis PT Bank Rakyat Indonesia Tbk bertajuk 'Mudik di Nanti, Mudik di Hati', Selasa (18/4). FOTO: KONTAN/YuwonoTriatmodjo


BRI - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) bersama dua entitas holding ultra mikronya, PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), mengakomodasi 7.500 nasabahnya menikmati mudik gratis. Hal ini sejalan dengan program Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang meluncurkan program Mudik Bersama BUMN lebaran tahun 2023.

Berbeda dengan Mudik Bersama BUMN 2022 yang masih dalam suasana Covid-19, mudik tahun ini antusiasme masyarakat sangat tinggi. BRI Holding menyiapkan 150 bus untuk mengantarkan para pemudik menuju rute-rute yang lebih banyak dibanding tahun lalu.

Regional Chief Executive Officer (RCEO) BRI Jakarta 2, Prasetya Sayekti mengatakan program mudik bertema “Mudik Dinanti, Mudik di Hati” ini ditujukan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pelayanan, kelancaran, dan keselamatan masyarakat pada masa angkutan Lebaran 2023.

“Dengan sinergi di antara BRI Holding, jumlah pemudik yang kami fasilitasi bisa meningkat yang mana tahun lalu hanya sebanyak 2.202 pemudik dengan 45 armada bus, kini menjadi 7.500 pemudik dengan 150 armada bus," ujar Prasetya, Selasa (18/4).

Khusus BRI, perseroan ini menyediakan 76 bus dengan target peserta 3.800 pemudik akan mengantarkan menuju rute Jakarta – Yogyakarta (via Jalur Selatan), rute Jakarta – Wonogiri (via Tol Pantura), serta rute Jakarta – Madura.

Adapun kriteria umum untuk menjadi peserta dengan ,rute tersebut adalah nasabah yang memiliki Tabungan BRI dengan saldo minimal Rp 500.000 dan wajib memiliki aplikasi BRImo.

Sementara ketentuan khusus yang harus dipenuhi tergantung dari kategori nasabah, seperti nasabah mikro, klaster binaan BRI (klaster Starling Prapatan Menteng dan klaster Tempe Radio Dalam), nasabah Mekaar/Mitra UMI, agen BRILink, nasabah ritel (SME), dan institusi.

Kemudian PT Pegadaian menyediakan 69 bus untuk 2.691 pemudik dengan kriteria sebagai nasabah Pegadaian yang menyertakan no. CIF pada SGB/tabungan emas/Aplikasi Pegadaian Digital. Adapun rute yang ditempuh adalah Jakarta – Surabaya, Semarang – Surabaya, Bandung – Surabaya, Denpasar – Surabaya, Makassar – Mamuju, Manado – Gorontalo, Balikpapan – Banjarmasin, Palembang – Semarang, Pekanbaru – Medan, dan Medan - Pekanbaru. 

Terakhir, PNM menyediakan 5 bus dengan target 250 pemudik yang merupakan nasabahnya. Rute yang ditempuh adalah Jakarta – Semarang dan Jakarta - Solo. Seluruh peserta mudik pada program ini pun akan mendapatkan benefit berupa kaos dan topi mudik, goodie bag, uang konsumsi, vaksin booster/antigen, hingga mendapatkan asuransi jiwa dari BRILife.

“Semoga para pemudik bisa menjalankan libur lebaran dengan aman, selamat dan dapat berkumpul dengan keluarga dan handai taulan,”ucap tegas Prasetya.

BRI mendukung upaya pemerintah memberikan fasilitas mudik yang aman bagi masyarakat. Hal ini merupakan wujud nyata dari komitmen BRI menghadirkan nilai lebih bagi seluruh masyarakat termasuk nasabah kami.

Secara bersama-sama flag off  Mudik Bersama BUMN 2023 dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Karno, 18 April 2023. Acara ini dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan Menteri BUMN RI Erick Thohir, serta diikuti perwakilan BUMN yang terlibat dalam program ini diantaranya BRI Regional Office Jakarta 2 yang melaksanakan kegiatan di Menara BRIpens, Gatot Subroto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yuwono triatmojo

Terbaru