Fenomena 5 Planet Berjajar Pada 24 Juni 2022, Ini Urutannya hingga Cara Melihatnya

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:41 WIB   Penulis: Arif Budianto
Fenomena 5 Planet Berjajar Pada 24 Juni 2022, Ini Urutannya hingga Cara Melihatnya

ILUSTRASI. Fenomena 5 Planet Berjajar Pada 24 Juni 2022, Ini Urutannya hingga Cara Melihatnya


PLANET - Inilah fenomena langka 5 planet berjajar yang terlihat pada hari Jumat, 24 Juni 2022. Ini urutan atau posisi planet yang bakal terlihat pada waktu Subuh, bagaimana cara melihatnya?

Menjelang akhir pekan bahkan sampai akhir bulan Juni 2022, fenomena langka planet berjajar akan terlihat pada waktu pagi hari. 

Fenomena ini punya julukan yang cukup unik, yakni "Parade Langit" seperti yang dikutip dari website resmi Edukasi Sains Antariksa (Pusat Sains Antariksa LAPAN/BRIN).

Menurut Andi Pangerang dari Pusat Riset Antariksa LAPAN/BRIN mengungkapkan bahwa parade langit yang dimaksud adalah konfigurasi segarisnya planet Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter dan Saturnus.

Pada periode kali ini, parade langit telah memasuki yang ke-2. Ini akan melibatkan penampakan 5 planet berjajar, yaitu Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter dan Bulan) periode 16 sampai 27 Juni 2022.

Berbicara tentang fenomena 5 planet berjajar, ini merupakan fenomena yang cukup langka mengingat kejadian serupa sempat terjadi 18 tahun yang lalu menurut laporan Science Times.

Fenomena bejajarnya planet dalam konfigurasi segaris ini juga kerap kali disebut konjungsi. Namun yang unik, konjungsi planet yang terjadi kali ini adalah konfigurasi 5 planet yang secara bersamaan konfigurasinya segaris.

Baca Juga: Komet Raksasa Ini Akan Mendekati Bumi Bulan Depan, Apakah Bisa Disaksikan?

Fenomena Planet Sejajar

Untuk posisi 5 planet yang berjajar pada 24 Juni 2022 adalah seperti berikut ini Jupiter-Mars-Bulan-Uranus-Venus.

"Terlihat Bulan berada di tengah-tengah Mars dan Uranus, sehingga jarak sudut Jupiter-Mars-Bulan-Uranus nyaris sama", ujar Andi Pangerang dikutip Kontan dari website resmi Edukasi Sains dan Antariksa.

Apakah fenomena 5 planet berjajar ini dapat disaksikan langsung dengan mata telanjang?

Kabar baiknya iya, fenomena langka penampakan 5 planet berjajar pada pagi hari ini dapat disaksikan langsung menggunakan mata telanjang.

Kendati demikian, penampakan Uranus yang tidak terlalu cerah membutuhkan telerskop kecil jika Anda ingin melihat planet tersebut.

Baca Juga: Mengenal Angin Matahari yang Dampaknya Mengacaukan Sinyal GPS hingga Jaringan Listrik

Lalu, bagaimana cara melihat fenomena 5 planet berjajar ini?

Cara melihat fenomena tersebut sebenarnya cukup mudah. Anda dapat menuju ke sebuah tempat yang minim atau bahkan bebas dari polusi cahaya dan medan pandang yang bebas dari penghalang.

Akan lebih baik lagi bila cuaca cukup cerah, maka penampakan langka 5 planet berjajar ini semakin mudah untuk ditemukan.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk melihat fenomena langka yang bahkan membutuhkan waktu 18 tahun sampai konfigurasi 5 planet ini kembali berjajar segaris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru