Gubernur Ganjar Pranowo akan lockdown pasar dan tempat wisata Jateng 2 hari pekan ini

Selasa, 02 Februari 2021 | 15:17 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
Gubernur Ganjar Pranowo akan lockdown pasar dan tempat wisata Jateng 2 hari pekan ini

ILUSTRASI. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan lockdown semua pasar dan tempat wisata di Jateng dua hari pada pekan ini. Ini sebagai upaya menekan penyebaran corona.


KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menutup seluruh tempat wisata dan pasar di Jawa Tengah dua hari pada tanggal 6-7 Februari 2021. 

Ini merupakan salah satu pelaksanaan dari Program Jateng 2 Hari di Rumah Saja, program yang digagas Ganjar Pronowo untuk menekan penyebaran dan penularan virus corona atau Covid-19. 

"Hanya dua hari saja tempat-tempat keramaian pariwisata kita istirahat dulu. Tempat pariwisata juga ditutup dulu,” ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kantornya, Selasa (2/2), seperti dikutip dari kompas.com.

Baca Juga: Antisipasi dampak PPKM, Ganjar ajukan tambahan anggaran Rp 1 triliun

Menurut Ganjar,  kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk bersih-bersih sekaligus penyemprotan disinfektan demi mencegah penularan virus corona.

Saat penutupan aktivitas, Jateng akan bersih-bersih pasar dan tempat wisata dengan aksi penyemprotran disinfektan. “Kita semprot semuanya biar sekalian bersih. Sehingga kita harapkan masyarakat dua hari tidak tumpah ruah di jalan, semua ada di rumah," jelas dia.

Ganjar minta pelaksanaan Jateng di Rumah Saja mendapat dukungan dari masyarakat. Sebab, pelaksanaan ini tidak akan efektif tanpa partisipasi masyarakat.

"Kami mau uji coba dengan program di rumah saja, hanya dua saja. Ingat Covid 19 masih tinggi, korban sudah banyak lo ya, rumah sakit makin penuh lo ya. Dengan kondisi seperti ini ayo kita bareng-bareng berpartisipasi kita latihan dua hari saja, tanggal 6-7 kita di rumah,” ujar Ganjar.

Baca Juga: Apa itu terapi plasma darah konvalesen yang kini sedang ramai dibicarakan?

Ia berharap program ini bisa sukses dalam menekan penyebaran corona sehingga Jawa Tengah bisa menjadi contoh bagi daerah lain yang juga berjuang menekan angka penyebaran virus corona. 

Ganjar juga menyebut,  legalitas penerapan program Jateng 2 hari di rumah saja bentuknya adalah surat edaran. Nanti, surat edaran itu akan dia berikan kepada seluruh 35 kabupaten/kota.

Berdasarkan data yang diunggah di website corona.jatengprov.go.i, Provinsi Jateng melaporkan kasus terkonfirmasi virus corona per 2 Februari  kasus positif corona sebanyak 130.318 kasus. Ini artinya, dibandingkan dengan kemarin, ada penambahan 3.498 kasus.

Dari data pada pukul 12.00 WIB, dari 130.318 kasus tersebut, terdiri dari 11.527 kasus aktif atau pasien corona yang dirawat di RS atau isolasi mandiri, 110.651 pasien sembuh, dan 8.140 pasien meninggal.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Titis Nurdiana

Terbaru