Gunung Semeru Luncurkan Dua Kali Awan Panas Guguran

Senin, 11 September 2023 | 06:19 WIB Sumber: Kompas.com
Gunung Semeru Luncurkan Dua Kali Awan Panas Guguran

ILUSTRASI. Penamakan Gunung Semeru pada Senin (11/9/2023) pukul 06.09 WIB dari pemantauan kanal youtube CCTV Semeru. Terjadi Erupsi Gunung Semeru berupa Awan Panas Guguran, tanggal 10 September 2023 pukul 22:46:45 WIB, tercatat di seismogram dengan Amplitudo maksimum 22 mm, lama gempa 281 detik. Foto diambil dari screenshoot youtube @CCTVsemeru, https://www.youtube.com/watch?v=Rd6MQqMObug


GUNUNG - LUMAJANG. Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meluncurkan dua kali Awan Panas Guguran (APG).

Petugas Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Semeru di Gunung Sawur Mukdas Sofian mengatakan, APG pertama kali terdeteksi seismograf milik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Minggu (10/9) pukul 22.46 WIB.

APG ini berdurasi 281 detik dengan amplitudo maksimal 22 milimeter. APG kembali terekam seismograf pada Senin (11/9) pukul 00.24 WIB dengan amplitudo maksimal 22 milimeter dan berdurasi 143 detik. Namun, jarak luncur dari dua kali APG tidak dapat diketahui lantaran Gunung Semeru tertutup kabut tebal.

"Telah terjadi APG dengan amplitudo maksimal 22 milimeter, jarak luncur tidak diketahui karena kabut," kata Sofian di Lumajang.

Baca Juga: Dua Penerbangan ke Malang Dialihkan ke Bandara Juanda Surabaya Akibat Abu Semeru

Sebagai informasi, dalam 24 jam terakhir sejak Minggu (10/9) pukul 00.00-24.00 WIB, Gunung Semeru terdeteksi mengalami aktivitas kegempaan sebanyak 49 kali. Sofian menambahkan, para pekerja tambang diminta meningkatkan kewaspadaan lantaran APG berisiko membahayakan mereka.

Menurut Sofian, sungai-sungai yang berhulu dari Sungai Besuk Sat, Besuk Kobokan, Besuk Bang, dan Besuk Kembar perlu diwaspadai. Khususnya, bagi warga yang beraktivitas di sekitar sungai untuk menambang maupun warga yang tinggal dekat dengan sungai-sungai tersebut.

"Kami imbau untuk waspada, risiko APG bisa terjadi kapan saja, terus perhatikan imbauan dari petugas kami," kata dia. Untuk diketahui, status Gunung Semeru saat ini berada pada level III (Siaga).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Gunung Semeru Luncurkan 2 Kali Awan Panas Guguran.
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Pythag Kurniati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru